Beranda Kabar Usaha Melatih Jiwa Berbisnis Dengan Belajar Batik Celup

Melatih Jiwa Berbisnis Dengan Belajar Batik Celup

0
kegiatan membatik

Media9.co.id, Jember – Bagi ibu rumah tangga yang berdiam diri di rumah, tak ada salahnya mencoba memanfaatkan waktu luang dengan belajar membatik tehnik celup. Salah satu desainer kondang, Dyan Nugrahini, dengan iklas dan sabar akan membantu kesulitan anda untuk belajar membatik tehnik celup itu.

Beberapa pekan ini, warga asli Surabaya ini terus menemui ibu rumah tangga dan remaja putri di Jember yang akan belajar membuat batik celup dengan tanpa di pungut biaya.

Warga Kecamatan Rambipuji dan Kaliwates Jember, beberapa contoh yang telah menerima pembelajaran dari tangan dingin sang desainer ini. Mereka mengaku banyak manfaat yang di peroleh dengan belajar batik celup

“saya senang belajar batik celup, karena sangat mudah dan gampang di pelajari dan hasilnya sangat fantastis,” papar Dewi, peserta pembelajaran batik celup.

Sebelum praktek membatik, Dyan selalu  memberi arahan kepada peserta tentang tehnik dan cara membatik tehnik celup agar menghasilkan batik yang baik.

Usai di beri pemaparan, peserta selanjutnya langsung praktek membuat batik celup dengan terlebih dahulu membentuk kain yang akan di batik dengan tehnik mata sapi, spiral, simpul, simetris, shiburi dan ikat kelereng. Sedangkan tehnik pewarnaan dengan menggunakan naptul, koursik dan air panas, berikut campuran pembangkit warna.

Antusias tinggi terlihat di raut wajah peserta saat  memulai praktek mencelup kain putih di air yang telah di beri warna sehingga menghasilkan batik celup mirip sembur yang cukup cantik dan mempesona.

“ Seni kerajinan batik celup  sejatinya sudah di kenal di jepang sejak abad 8 dan didunia barat kerajinan batik celup itu di kenal dengan nama tie dye, dan berkembang hingga ke Indonesia hingga sekarang,” tutur Dyan, sang mentor batik celup.

Dengan pembelajaran  ini,  diharapkan ibu rumah tangga dapat memulai  bisnis di rumahnya karena membuat batik celup ini tidak rumit dan cukup mudah, sedangkan hasilnya sangat luar biasa. (bbg)

 

Tinggalkan Komentar