Beranda Kabar Wisata Mba Tina Bule, Juga Kunjungi Sejarah Kediaman ‘Mas Alit’, Bupati Pertama Banyuwangi

Mba Tina Bule, Juga Kunjungi Sejarah Kediaman ‘Mas Alit’, Bupati Pertama Banyuwangi

0

Banyuwangi – Masih bersama dengan petualangan Cristina Surya alias Mba Tina Bule di Banyuwangi. Sesuai rencana jadwalnya, setelah keliling-keliling melihat kekayaan wisata dan kuliner di Banyuwangi, selasa sore Tina Bule juga berkunjung ke Pendapa Sabha Swagata  (11/8).

Memang tidak lengkap, jika berwisata ke Banyuwangi, tanpa mengunjungi kediaman penguasa pertama di wilayah ujung timur Pulau Jawa ini, yaitu Tumenggung Wiroguno I atau Mas Alit di Pendapa Sabha Swagata.

Mengelilingi setiap sudut ruangan, di tempat yang banyak menyimpan sejarah kota Banyuwangi itu dilakukan oleh Tina Bule, termasuk di ‘Sumur Sritanjung’. Memang, sejak kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas di periode pertama, pendopo banyak mendapat perombakan dan renovasi, menjadi bangunan yang sangat menuai kekaguman para wisatawan.

Semua sudut dipermak, tak terkecuali area sumur tua (Sumur Sritanjung) di sudut area rumah dinas yang unik ini. Sumur Sritanjung yang sudah melegenda dan konon menjadi asal-usul nama ‘Banyuwangi’ ini sekarang dikelilingi oleh taman indah dan asri. Kesan angkernya pun tak lagi terlihat.

Sumur tua di Pendopo Banyuwangi/Foto-foto: Budi Sugiharto

Konon jika membasuh wajah dan meminum air dari sumur ‘bersejarah’ itu akan mampu memudahkan anda dalam menemukan jodoh dan awet muda. Ada juga versi lain yang menyebutkan, jika sumur legendaris yang berada di kampung belakang pendopo, air antar sumurnya saling berhubungan sumber airnya. (*)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here