Beranda Kabar Lainnya Material Sampah Sumbat Aliran Sungai

Material Sampah Sumbat Aliran Sungai

0

Media9.co.id, Jember – Hujan yang mulai mengguyur Jember, ternyata banyak membawa material sampah di saluran air bahkan di sungai. Tak ingin terjadi banjir karena banyak onggokan sampah, wargapun bergotong royong membersihkan sampah. Seperti yang di lakukan warga Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas Jember.

Tanpa jijik ratusan warga langsung turun ke sungai mengambil sampah bambu,  plastik, daun dan berbagai sampah rumah tangga. Dan siap sangka, berton ton sampah terlihat menyumbat aliran sungai bahkan menutupi tonggak jembatan. Jika tidak segera di bersihkan, dipastikan jika hujan kembali mengguyur kawasan itu, banjir juga bakal terjadi sehingga material sampah bakal menyumbat aliran sungai yang berakibat air sungai meluap ke rumah penduduk.

Seperti halnya kejadian pada tahun tahun sebelumnya,yang menyebabkan ratusan rumah warga tergenang air banjir.“Butuh waktu empat jam untuk membersihkan sampah sampah tersebut ,agar tidak lagi mengganggu aliran air sungai,”tutur Rofi,warga setempat. Diharapkan dengan bersihnya sampah di aliran sungai, saat terjadi banjir , air sungai tidak sampai meluap ke permukiman warga.(bbg)

Tinggalkan Komentar