Beranda Gaya Hidup Kesehatan Mari Amati Tips Agar Insomnia Tidak Menjadi Kebiasaan

Mari Amati Tips Agar Insomnia Tidak Menjadi Kebiasaan

0

Tidur adalah salah satu bagian terpenting dari kehidupan sehari-hari. Memiliki jam tidur yang cukup dapat membuat perasaan menjadi sehat dan bahagia. Selain itu juga dapat menambahkan energi yang baru lagi untuk melakukan aktivitas dari pagi hingga malam hari.

Namun tidak sedikit juga orang yang kesulitan tidur hingga menyebabkan insomnia dan berujung tidur pada subuh hari.

Sehingga salah satu hal yang tidak baik untuk dilakukan sebelum tidur untuk mencegah kesulitan tidur hingga insomnia adalah penggunaan layar. Akan sangat bermanfaat bagi Anda meninggalkan pemakaian perangkat elektronik di malam hari dan menjelang waktu tidur.

Penggunaan layar dapat menekan kemampuan tubuh untuk melepaskan melatonin, hormon pemicu tidur. Oleh karena itu menghindari penggunaan layar dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tidak dipungkiri bahwa kebiasaan memeriksa perangkat pada malam dan pagi hari sudah tertanam dalam diri.

Berikut merupakan tips agar insomnia tidak menjadi kebiasaan.

1. Perhatian dan pernapasan
Perhatian adalah kemampuan secara objektif dan tidak menghakimi pengalaman internal dan eksternal tanpa reaktivitas. Ketika tidak bisa tidur, Anda mengalami pikiran yang tidak diinginkan dan perasaan tidak menyenangkan, sehingga Anda harus singkirkan dengan perasaan tersebut dengan cepat agar bisa tertidur.
Kemudian, saat Anda berbaring diam di tempat tidur, pindahkan fokus ke nafas dan hitung setiap tarikan nafas. Lakukan hal ini dengan sangat lambat, biarkan paru-aru Anda terisi dan kosong saat melakukannya. Biarkan tubuh Anda rileks dengan setiap napas, saat Anda merasa lebih tenang dan mendekati batas kantuk.

2. Selimut yang nyaman
Sebuah selimut tebal yang beratnya pas untuk memberikan tekanan yang dalam dan merata pada tubuh Anda sehingga menghasilkan efek menenangkan yang membantu relaksasi dan tidur. Selimut berbobot juga telah terbukti meningkatkan serotonin yang terlibat dalam mengatur tidur.

3. Yoga nidra
Teknik untuk mendukung respons relaksasi alami tubuh. Dengan melakukan yoga dapat membantu Anda segera untuk tertidur. Pada dasarnya adalah jenis meditasi tentang pengalaman tertidur. Jenis yoga yang tidak perlu bergerak, hanya berbaring diam di bawah selimut nyaman dan hangat Anda dapt menemukan rekamannya di berbagai platform untuk mencoba teknik ini.

4. Penerimaan
Mengubah fokus dari mencoba tidur menjadi menerimanya mungkin dapat membantu menghilangkan tekanan dan mengurani stres tidur. Semakin berjuang untuk tidur maka membuat stres dan kecemasan.
Tujuan penerimaan adalah untuk menerima bahwa Anda akan mengalami pikiran dan perasaan yang tidak diinginkan. Teruslah mencoba teknik ini selama beberapa malam untuk mencoba dan mengurangi intensitas perjuangan yang Anda alami dengan tidur.
(i)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here