Beranda Teknologi Macam Penyakit Paru-Paru, Dilengkapi Gejala yang Perlu Diketahui

Macam Penyakit Paru-Paru, Dilengkapi Gejala yang Perlu Diketahui

0
@Gladys West

Kamu pasti pernah mendengar istilah GPS atau Global Positioning System. Berkat GPS, kini dengan menggunakan smartphone dengan akses internet, kamu bisa mengetahui posisi dimana kamu sedang berada.

Namun, tahukah kamu siapa penemu teknologi GPS? Sayangnya, banyak yang tidak tahu jika GPS ditemukan oleh seorang perempuan.

Ya, dia adalah Gladys West. Sosoknya dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat. West bekerja dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada 1950-an hingga 1960-an. Kiprah sekelompok perempuan cerdas ini pernah diangkat dalam film berjudul Hidden Figures. Sayang, sosok West tak tampil dalam film drama ini.

Dikutip dari The Hill, sebagai pakar matematika, West bekerja dengan dunia militer sebelum masuknya sistem gelombang elektronik. West masuk ke penelitian di bidang militer pada 1956. Di tahun itu pula dia meraih penghargaan karena meneliti keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus.

Pada 1960, West mulai menginisiasi pemrograman komputer IBM 7030 yang dinamai Stretch. Komputer ini disebut mampu memberikan perhitungan geodetik Bumi yang akurat atau disebut geoid. Program inilah yang menjadi cikal bakal GPS.

Atas kontribusinya, sepekan yang lalu, West didapuk masuk ke dalam deretan orang berpengaruh dalam Angkatan Udara AS. Dia mendapatkan induksi di Air Force Space and Missile Pioneers Hall of Fame. Induksi merupakan istilah untuk penghargaan tinggi di Angkatan Udara AS. Pelantikan West sendiri digelar di markas militer AS, Pentagon, Washington DC. (Dream.co.id/ Jek)

Tinggalkan Komentar