Beranda Kabar Desa Desa Wisata Lomba Lintas Alam “Jejak Aliyan” Tingkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat

Lomba Lintas Alam “Jejak Aliyan” Tingkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat

0

DESA ALIYAN – Pelaksanaan Lomba Lintas Alam “Jejak Aliyan” yang diselenggarakan oleh Pokdarwis Tawang alun Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi bersama dengan pemerintah desa yang digelar pada Minggu, (11/4/21).

Acara tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Kades Aliyan, Anton Sujarwo yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Askab Banyuwangi. Dalam sambutannya, Anton menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan Lomba Lintas Alam ini adalah untuk mengenalkan serta menggali potensi wisata, sejarah, dan kuliner khas dari Desa Aliyan agar dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.

Lomba ini diikuti oleh perwakilan siswa-siwi tingkat SMP dan SMA/SMK.

“Saya berharap dengan adanya agenda kegiatan seperti ini bisa membentuk pelajar untuk menjadi pribadi yang mencintai alam dan peduli dengan lingkungan sekitarnya,” ujar Anton.

Di sisi lain, Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah juga mengatakan, dengan adanya kegiatan semacam ini anak-anak mampu memiliki rasa cinta terhadap alamnya. Hal itu dikarenakan alam sebagai sumber kehidupan bagi manusia, hewan, pertanian, dsb.

“Kita membutuhkan alam. Alampun juga harus kita jaga sehingga harus terjadi hubungan simbiosis mutualisme supaya kedepannya kita dapat menikmati hasilnya. Tidak hanya itu, kegiatan ini harus dilakukan secara continue karena sudah memiliki daya tarik sendiri, khusunya destinasi wisata,” jelas Wabup.

Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini dapat membangkitkan semua aspek kehidupan dan keuntungan ekonomi bagi masyarakat Banyuwangi, serta tidak lupa kekayaan SDA yang ada selalu subur, makmur, gemah ripah lohjinawi kerto toto raharjo, baldatun toyyibatun warobbun ghofur.

“Tak lupa saya juga berharap jika Lomba Lintas Alam Desa Aliyan ini bisa menjadi contoh bagi desa lain untuk meningkatkan kecintaan mereka terhadap alam sebagaimana alam telah memberikan sumber dayanya untuk manusia,” ungkapnya. (AR)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here