Beranda Kabar Wisata Kuliner Lidah Anda Akan Dimanjakan 5 Kuliner Khas Banyuwangi

Lidah Anda Akan Dimanjakan 5 Kuliner Khas Banyuwangi

0
Picture By : TheJakartaPost

Banyuwangi, – Selain terkenal dengan seni tari Gandrung, Banyuwangi juga terkenal dengan keindahan wisata alam serta kuliner yang sangat memanjakan lidah Anda. Banyuwangi yang berada di ujung Provinsi Jawa Timur juga memiliki tiga magnet penarik wisatawan yakni seni budaya, tempat wisata yang indah dan kuliner.

Saat Anda berada di Banyuwangi Anda wajib mencicipi 5 makanan khas Banyuwangi antaranya ;

Botok Tawon
Tawon adalah nama untuk lebah yaitu binatang yang bisanya dibudidayakan untuk diambil madunya. Namun, di Banyuwangi bukan cuma madu yang dimanfaatkan, tapi sarag lebahnya juga diambil. Ada cara khusus untuk mengolah sarang lebah menjadi makanan enak di Banyuwangi. Terdengar ekstrem si, tapi malah bikin penasaran. Menu ini memiliki rasa yang lebih gurih. Sayangnya, tak banyak orang yang menjual botok tawon. Penyebabnya adalah kesulitan mendapat bahan baku. Kamu bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional atau mendatangi warung milik Bus Misnah di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

Pecel Pitik
Pecel Pitik adalah salah satu makanan khas Banyuwangi yang sering diburu oleh para wisatawan. Kamu bisa menemukan penjulannya di Desa Kemiren, daerah yang menjadi tempat tinggal masyarakat Suku Osing asli Banyuwangi. Penduduk di sana masih menggunakan cara memasak yang sesuai dengan tradisi turun-temurun, termasuk dalam mengolah menu pecel pitik ini. Biasanya makanan ini dibuat untuk kepentingan adat yaitu berupa ayam kampung yang diurap dengan bumbu dan parutan kelapa. Daging ayam terlebih dahulu disuwir-suwir kemudian kelapa yang digunakan juga tidak dimasak. Dengan kata lain, diurap mentah-mentah dengan bumbu.

Lokasi : Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi

Sego Cawuk
Sego Cawuk ini juga nggak boleh kamu lewatkan jika datang ke Banyuwangi. Wajib mampir di lidah, biar kamu tahu bagaimana kelezatannya. Menunya berupa paduan antara nasi dan kuah, kemudian ditambah juga dengan parutan kelapa. Kekhasan kuliner ini terletak pada kuahnya yang dibuat dengan bumbu-bumbu pilihan. Selain itu ada juga tambahan lauk seperti dendeng, telur, pepes ikan dan lain sebagainya. Bisanya satu porsi Sego Cawuk bisa kamu tebus dengan harga Rp6.000, itu belum termasuk tambahan lauknya ya!

Lokasi : Sego Cawuk Bu Mantih, Jln. Wahid Hasyim, sekitar 500 meter dari Stasiun Rogojampi

Rujak Soto Mbok Mbret
Jika diamati orang Banyuwangi itu sepertinya suka mengkombinasikan dua menu jadi hidangan yang mantap dan pas. Contohnya adalah rujak soto ini, dua menu yang sebenarnya berbeda sekali. Yang satu tidak berkuah dan yang lainnya disajikan dengan kuah. Nah untuk mencobanya, kamu bisa datang ke warung sederhana yang terletak di pinggir jalan Milik Mbok Mbret. Cara pembuatannya seperti rujak pada umumnya. Nah setelah bahan tercampur semua dengan bumbu rujak, tinggal disiram dengan kuah soto yang berisi daging, babat, telur puyuh. Satu porsi rujak Soto dihargai sekitar Rp20.000.

Lokasi : Samping bekas bangunan bioskop Sylva di kawasan Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Mie Kuah Warung Kepiting
Warung Kepiting ini menyajikan menu seafood dan kuliner lain penuh cita rasa penggugah selera. Area warung dan lokasi parkirnya luas, kamu bisa mengadakan acara-cara bareng keluarga atau sahabat di sini. Seru-seruan sambil makan enak bersama-sama. Menu andalan di sini sudah pasti adalah kepitingnya, namun jika kamu tidak suka, masih ada tawaran menu lain yang nggak kalah enak.

Lokasi : Jl. Kepiting no. 29B, Banyuwangi

Inilah beberapa tempat rekomendasi kuliner yang sangat dikenal di Banyuwangi dan para wisatawan dalam negeri. ( travelingyuk )

Tinggalkan Komentar