Beranda Kabar Terkini Lestarikan Kesenian dan Budaya Banyuwangi Sebagai Daya Tarik “Waroeng Kemarang”

Lestarikan Kesenian dan Budaya Banyuwangi Sebagai Daya Tarik “Waroeng Kemarang”

0

Banyuwangi- Geliat kuliner khas Banyuwangi mulai bangkit, perekonomian sektor pariwasata mulai berputar, dengan strategi dan wajah baru  ditengah ancaman pandemi yang masih mewabah. Tak mengurungkan niat dari pelaku usaha kuliner dan pariwisata di Banyuwangi untuk membangkitkan kembali spirit sebagai destinasi nasional yang wajib untuk dikunjungi.

Kuliner tak dapat dipisahkan dari pariwisata, satu sama lain saling berkaitan Banyuwangi menjadi surganya destinasi wisata bagi wisatawan domestik/international, sebelum datangnya wabah virus covid-19 yang mewabah diseluruh dunia. Kuliner menjadi incaran wisatawan ketika berkenjung di sebuah daerah. Keunikan dan kaya akan rasa yang khas membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Banyuwangi memiliki banyak tempat-tempat kuliner yang wajib menjadi agenda ketika berkunjung ke Banyuwangi. “Waroeng Kemarang” salah satunya,  terletak di Desa Tamansuruh Kec.Glagah Kabupaten Banyuwangi, dengan konsep rumah adat osing (suku asli Banyuwangi), tempat makan yang satu ini berbeda dengan tempat-tempat makan yang ada di Banyuwangi lainnya.

Wisatawan/pengunjung tak hanya bisa minikmati kuliner khas Banyuwangi saja ditempat ini, akan tetapi wisatawan/pengunjung akan disuguhi penampilan kesenian dan budaya khas Banyuwangi yang ditampilkan oleh seniman-seniman dan budayawan asli Banyuwangi. Pada hari Sabtu dan Minggu pengunjung dapat menyaksikan secara langsung penampilan kesenian tari Gandrung yang menjadi ikon Banyuwangi dan ada juga kesenian Ngarak Barong (Barong Keliling).

 

 

Kesenian Ngarak Barong

Waroeng Kemarang menjadikan Kesenian dan Budaya sebagai identitas bahwa Banyuwangi tak hanya kaya akan destinasi Pariwisatanya akan tetapi memiliki kebudayaan dan kesenian beserta makanan khas yang nikmat sekaligus wajib untuk dinikmati ketika berkunjung ke Banyuwangi. Suguhan pemandangan alam pedesaan yang sejuk dan asri menambah pengalaman berwisata yang tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung ke Waroeng Kemarang. Gallery lukisan juga hadir di tempat ini karya-karya seniman lukis Banyuwangi di Pajang disini. Tak sedikit wisatawan yang datang tertarik dengan karya-karya seniman Banyuwangi dan memborongnya sebagai sovenir/oleh-oleh setelah berkunjung ke Banyuwangi.

Kuliner yang ditawarkannya pun banyak pilihannya mulai dari masakan khas Banyuwangi yang identik yaitu Nasi Tempong, Pecel Pitik, Rujak Soto dan lain sebagainya. Makanan ringan untuk menemani bersantai pun tersedia di sini mulai lopes, tahu walik, dan masih banyak lagi.

Penerapan Protokol Kesehatan yang ketat dalam pelayanan/service kepada pengunjung/wisatawan menjadikan tempat ini nyaman, dan aman bagi wisatawan yang berkunjung, penasaran dengan sensasi berwisata sekaligus edukasi kesenian dan budaya, agendakan untuk datang ke Warung Kemarang saat berkunjung ke Banyuwangi.(fha)

 

 

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here