Beranda Liputan Khusus Natal Lampu Penjor Dan Umbul – Umbul Ungu Tradisi Sambut Natal Desa Rejoagung

Lampu Penjor Dan Umbul – Umbul Ungu Tradisi Sambut Natal Desa Rejoagung

0

Media9.co.id, Jember- Jelang Natal, umat nasrani di sebuah Desa di Jember mulai berbenah. Seluruh warga sejak pagi hingga sore hari membuat lampu penjor dan umbul umbul berwarna ungusebagai simbul kebangkitan.

Tradisi turun temurun umat nasrani di Desa Rejoagung, Kecamatan Semboro Jember ini terus lestari. Pembuatan lampu penjor dan umbul umbul berwarna ungu di sepanjang jalan desa, seolah mengingatkan jika Natal sudah didepan mata.

Untuk membuat lampu penjor, warga memanfaatkan bambu yang di bentuk sedemikian rupa kemudian diberi warna warni lampu hias. Sedangkan untuk umbul umbul, mereka hanya menggunakan kain berwarna ungu sebagai simbul kebangkitan.

Lampu penjor itupun terang benderang dan terlihat indah saat malam hari menghiasi jalanan Desa Rejoagung .

“ puncak perayaannatal nanti tanggal 20 desember 2018, pemasangan lampu penjor dan umbul umbulini bagian dari perayaan Natal itu sebagai simbul kebangkitan warga nasrani diDesa Rejoagung,” tutur Agus Basuki, Kepala Desa Rejoagung.

Warga menggunakanuang  pribadi untuk membuat desanya semarak jelang Natal dan tahun baru ini dan di kerjakan dengan cara bergotong royong.(bbg)

Tinggalkan Komentar