Beranda Gaya Hidup Kota-kota Terbaik untuk Menikmati Musik Jazz

Kota-kota Terbaik untuk Menikmati Musik Jazz

0

Jakarta, Hari Jazz Internasional yang diperingati setiap tanggal 30 April, menjadi sebuah perayaan tersendiri bagi para pecinta musik. Khususnya mereka yang menggemari eksplorasi.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menganggap musik jazz sebagai medium yang bisa mempersatukan manusia di seluruh dunia.

Namun jazz tidak bisa lepas dari ekspresi akan keindahan yang meliuk dalam setiap nadanya. Hal ini secara tidak langsung membuat beberapa tempat di penjuru dunia menjadi relevan untuk dinikmati dengan alunan musik jazz, karena memiliki latar belakang yang dekat dengan semangat musik tersebut.

Mengutip jazzdgama, Selasa (30/4), berikut adalah kota-kota terbaik untuk menikmati musik jazz.

New Orleans, Amerika Serikat
Sebagai negara kelahiran musik jazz, New Orleans jelas menjadi rujukan banyak musisi yang ingin menggali sejarah atau sekadar napak tilas perjuangan musik yang lahir dari kalangan kulit hitam di Amerika Serikat ini.

Setiap sudut kota di New Orleans, seakan lekat dengan citra musik jazz yang abstrak. Klub-klub jazz tua seperti Spotted Cat, Blue Nile, dan Preservation Hall adalah lokasi yang harus dikunjungi oleh para pecinta musik jazz.

New York, Amerika Serikat
Citra New York yang glamor kerap membuat banyak orang ‘silau’ untuk mengunjungi beberapa pusat keramaian saja. Padahal di kota ini turut berkembang juga musik jazz di beberapa klub dalam sudut-sudut kota New York.

Bahkan jika beruntung, musisi jazz kelas dunia bisa dilihat dalam klub-klub tersebut. Entah sekadar bersantai, atau bermain lepas tanpa beban sebagai bintang utama.

Paris, Prancis
Meskipun dikenal sebagai pusat mode dunia, Paris rupanya memiliki reputasi yang cukup baik untuk musik jazz. Pada awal abad ke-20, Paris sempat menjadi ‘ibukota’ Jazz meskipun saat itu figur-figurnya didominasi oleh orang Amerika.

Hal tersebut rupanya membawa pengaruh yang besar dalam ranah budaya di Paris, hingga hari ini. Hal tersebut terbukti dari dua klub jazz di Paris yakni New Morning dan Autor de Midi..et Minut masuk dalam daftar klub jazz terbaik di Eropa.

Cape Town, Afrika Selatan
Barang kali tidak banyak orang yang tahu jika Cape Town adalah kota yang menyelenggarakan salah satu festival jazz terbaik di dunia, Cape Town International Jazz Festival.

Musik-musik khas Afrika yang menjadi dasar dari musik jazz, menjadi sajian utama dalam festival tersebut. Tak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong ke Afrika untuk menjadi saksi ‘kejadian mistis’ tersebut. CNN Indonesia

Tinggalkan Komentar