Beranda El John Kepolisian Riau Memiliki Helm Cangih yang Mampu Deteksi Suhu Tubuh dengan Akurasi...

Kepolisian Riau Memiliki Helm Cangih yang Mampu Deteksi Suhu Tubuh dengan Akurasi 100%

0

Kepolisian Daerah Riau mengenakan helm unik yang bentuknya mirip dengan helm milik Robocop. Helm yang disebut dengan Robocop N901 ini adalah helm buatan perusahaan China yang dilengkapi teknologi canggih untuk mendeteksi orang bergejala COVID-19,

Berdasarkan penjelasan dari Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, helm ini dilengkapi teknologi smart thermal yang mampu mendeteksi suhu tubuh dengan akurasi mencapai 100%.

“Subjek dapat di-screening sampai dengan jarak 5 meter dan dapat memindai suhu tubuh meskipun dalam kerumunan.” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari www.wahanaciptadata.com, agen resmi helm Robocop N901 ini, ada 2 kamera tersemat pada helm ini yang menyediakan gambar thermal infrared dari jarak 5 meter.

Helm ini dapat digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh hingga 13 orang secara bersamaan, dan sampai 200 orang dalam waktu satu menit. Hasil pemindaian pun ditampilkan secara real time, sehingga, jika terdeteksi ada orang yang suhu tubuhnya tinggi, dapat diberikan peringatan secara langsung.

Helm Robocop juga diklaim lebih efektif dibandingkan pengukuran suhu melalui alat thermoscan maupun thermogun. Benda yang terinspirasi dari Robocop ini juga dilengkapi pemindai kode QR dan fitur pengenalan wajah. Kacamata yang terpasang pada helm ini sudah dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality dan dapat dihubungkan dengan wifi, bluetooth, sampai koneksi jaringan 5G.

“Ada juga alat perekam secara live, penggunaannya sangat mendukung penerapan PSBB Pekanbaru,” kata Sunarto.

Rekaman aktivitas warga yang melanggar PSBB bisa dijadikan bukti jika penyidik mengajukannya ke pengadilan.

Sunarto menyebut saat ini helm Robocop sudah digunakan di lapangan, terutama di pintu masuk Pekanbaru.

“Penggunaannya merupakan komitmen Polda Riau memutus penyebaran COVID-19 di Provinsi Riau yang dicintai ini,” katanya.

Tidak terbatas hanya digunakan oleh personel Polda, layanan ambulans juga menggunakan helm Robocop ini. Selain itu bagi masyarakat umum yang ingin memilikinya pun diperbolehkan membeli dan memakainya untuk mencegah penyebaran Covid-19. ( AD / eljohnnews.com )

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here