Beranda Kabar Desa Kecamatan Songgon Luncurkan Layanan ITC

Kecamatan Songgon Luncurkan Layanan ITC

0

BANYUWANGI – Guna mempercepat dan memulihkan ekonomi akibat dampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Kecamatan Songgon meluncurkan layanan Information Tourism Center (ITC) yang berbasis teknologi. Layanan ini diresmikan oleh Wakil Bupati Banyuwangi, yakni H. Sugirah pada, Sabtu (27/3/21) yang bertempat di Kantor Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Lantaran adanya layanan ITC, Sugirah mendukung dan mengapresiasi terobosan baru tersebut lantaran dinilai dapat memulihkan perekonomian kerakyatan di Kecamatan Songgon. Songgon ITC ini merupakan layanan informasi terkait objek wisata serta UMKM yang ada di Kecamatan Songgon dengan basis teknologi.

Dalam kesempatan ini, Sugirah juga berkeliling melihat ekonomi masyarakat melalui stand UMKM dan pariwisata yang ada. Pada saat melakukan peninjauan stand UMKM dan wisata, Sugirah merasa takjub bahwasanya dengan adanya strategi seperti ini sangatlah cocok diterapkan masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Sugirah mengatakan, bahwa dengan adanya layanan ITC, nantinya Kecamatan Songgon dapat mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat sehingga lebih sejahtera walaupun di tengah pandemi.

“ Inilah yang memang sangat kita butuhkan dalam rangka bangkit dari keterpurukan ekonomi. Lantaran ini adalah pondasi dasar dari pembangunan kita untuk memulihkan kondisi ekonomi kerakyatan. Lalu untuk UMKM ini adalah salah satu jurus utama, seperti tadi semua transaksi sudah menggunakan digital. Sebenarnya konsep transaksi digital ini sudah dilakukan oleh perusahaan besar, namun UMKM kita pun sudah mengikuti dan menerapkannya,” jelas Sugirah.

Beliau juga menambahkan bahwa ITC sangat memberi kemudahan bagi turis-turis yang datang lantaran penjelasan informasinya yang jelas dan detail. Tak hanya itu, ITC juga menyediakan informasi untuk seluruh wilayah di Kabupaten Banyuwangi, tidak hanya di Kecamatan Songgon. Dengan demikian, maka kedatangan turis juga semakin banyak. Mereka akan merasa nyaman karena diberi fasilitas yang baik, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pembelian segala transaksi yang sudah menggunakan IT.

Sementara itu, Camat Songgon, Kunto Prastawa menyampaikan rasa bangganya kepada para pelaku UMKM dan pariwisata di wilayah administratifnya. Pasalnya, dengan adanya launching ITC akan memudahkan wisatawan untuk mengenal segala macam destinasi dan ekonomi setempat. Selain itu, ia juga berharap setelah adanya peresmian dari Wabup, para pelaku UMKM dan pariwisata bisa terus menjaga kualitas layanan pusat informasi Songgon Tourism Information Center (ITC). Dengan begitu, nantinya dapat menambah kenyamanan bagi para wisatawan yang datang, terlebih dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

“Informasi barupun kalau bisa tetap semua diakses dan dimasukkan ke sana. Harapannya, tidak ada yang dibeda-bedakan dan ketika wisatawan domestik maupun mancanegara ingin mengakses apa saja seputar wisatawan dan menu mengenai ekonomi seperti makanan, kerajinan, buah-buahan akan muncul posisi pembeliannya yang tertera pada tampilan aplikasi tersebut,” ungkap Kunto.

Melihat banyaknya potensi yang dimiliki oleh Soggon ini, Kunto menginginkan ikon daerahnya seperti durian, madu, hingga kopi Songgon Eselsa dapat dipesan oleh orang dari luar kota hingga mancanegara melalui aplikasi ITC yang berisi banyak informasi mengenai produk-produk tersebut dengan gambar yang fakta, sehingga pembeli pun akan senang dan tidak merasa tertipu. (AR)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here