Beranda Liputan Terkini Kasus Deman Berdarah Naik PMI Siapkan Ribuan Kantong Darah

Kasus Deman Berdarah Naik PMI Siapkan Ribuan Kantong Darah

0

Media9, Jember – Kasus demam berdarah di Jember naik ketimbang bulan yang sama tahun lalu, namun menurut Kepala Dinas Kesehatan Jember,  penderita kebanyakan di rawat jalan, dan tersebar di beberapa kecamatan di kota Jember. Mengantisipasi jumlah kasus DBD, PMI Jember langsung menggelontorkan ribuan kantong darah di Jember bahkan untuk penopang wilayah Jawa Timur.

Data dari Dinas Kesehatan Jember, ada 48 kasus penderita demam berdarah sejak awal januari hingga akhir januari 2019 ini, jumlah tersebut naik ketimbang bulan yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 31 kasus.

Penderita demam berdarah pada tahun ini lebih banyak rawat jalan di rumah. Karena memang kondisinya tidak terlalu parah yang dimungkinkan adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan berikut langsung berobat ke rumah sakit jika menemui gejala mirip demam berdarah.

Sehingga di Jember tidak ada korban meninggal dunia karena demam berdarah. Tertinggi menurut Nurul, Kepala Dinas Kesehatan Jember, terjadi di kecamatan Jenggawah, disusul Kalisat dan Patrang. Kendati demikian, Nurul menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan, dengan menutup, menguras dan mengubur.

“ cara ini setidaknya dapat menghentikan siklus nyamuk demam berdarah, sehingga tidak berkembang lebih besar,” imbuh Nurul.

Sementara itu Kepala PMI Jember, Zaenal,untuk bulan Januari 2019 ini pihaknya menyediakan stock darah hingga 3500 kantong, selain untuk pasien umum juga penderita demam berdarah yang masih membutuhkan darah.

“ jumlah tersebut juga untuk membantu ketersediaan stok di Jawa Timur, karena tiga kota di Jawa Timur yakni Surabaya, Sidoarjo dan Jember menjadi penopang kebutuhan darah di Jawa Timur bahkan nasional, “ tutur Zaenal.(bbg)

Tinggalkan Komentar