Beranda Liputan Terkini Kapolres Jember Terima Penghargaan Tokoh Daerah Bidang Keamanan dari PWI Jatim

Kapolres Jember Terima Penghargaan Tokoh Daerah Bidang Keamanan dari PWI Jatim

0

Media9, Jember – Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menerima penghargaan sebagai Tokoh Daerah Bidang Keamanan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim. Kusworo dinilai mampu menjadi perekat sejumlah elemen masyarakat, sehingga wilayah tugasnya bisa tetap dinamis dan kondusif.

Penghargaan diberikan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Sejumlah tokoh yang dianggap berkontribusi secara regional maupun nasional mendapat penghargaan dengan berbagai macam kategori.

Tokoh yang mendapat penghargaan PWI Jatim Award 2019 itu diantaranya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen M. Iqbal, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dan sejumlah tokoh lain.

“Pemberian penghargaan untuk Kapolres Jember Bapak Kusworo Wibowo ini sudah melalui rapat pleno pengurus PWI Jatim. Ada sejumlah pertimbangan, sehingga kita anggap penting memberikan penghargaan kepada AKBP Kusworo Wibowo ini,” ungkap Wakil Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim usai acara, Rabu malam (27/3/2019).

Diantara pertimbangan itu adalah Kusworo dianggap sebagai rujukan masyarakat untuk menyuarakan aspirasi sekaligus perekat sosial kelompok pemangku kepentingan di Jember.

“Selain itu, AKBP Kusworo sebagai kepala polisi bukan hanya menghadapi persoalan kriminalitas saja. Tapi juga menghadapi persoalan sosial masyarakat yang membutuhkan tak selalu pendekatan koersif, tapi juga persuasif yang solutif,” kata Lutfil.

Kusworo juga dinilai cepat tanggap mendeteksi persoalan. Bahkan, dia juga beberapa kali berhasil mengendalikan situasi yang berkaitan dengan aksi massa.

“Beliau juga pernah meredam aksi kepala desa yang hendak menyegel balai desa karena kecewa dengan bupatinya. Melalui pendekatan, aksi penyegelan itu tidak terjadi,” ungkap Lutfil.

Kemudian Kusworo juga dinilai sukses melakukan pengamanan saat suporter bonek menyaksikan pertandingan klub Persebaya di stadion Jember Sport Garden (JSG). Kusworo berhasil mencegah bentrokan luas antara Bonek dengan anggota perguruan silat PSHT dan mengantarkan pulang ribuan suporter ke Surabaya dengan selamat.

“Kemudian aksi massa penolak tambang emas Silo juga berhasil diredam dengan baik,” kata Lutfil.

Tak hanya itu, sejumlah inovasi yang digagas Kusworo, membawa Polres Jember masuk dalam Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kemenpan RB.

“Serta sejumlah pengungkapan kasus besar yang menjadi sorotan masyarakat, ini juga masuk pertimbangan untuk memberikan penghargaan kepada AKBP Kusworo,” tegas Lutfil.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M. Iqbal, mengapresiasi penghargaan yang diperoleh Kusworo. “Pak Kusworo memang bagus dan layak (mendapat penghargaan). Kusworo dari dulu memang punya track record yang baik. Selalu melaksanakan tugas sesuai profesinya,” ungkap Iqbal, yang juga mendapat penghargaan kategori Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara Kusworo mengaku tidak menyangka akan mendapat penghargaan itu. Menurut dia, apa yang dilakukannya selama ini adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

“Ternyata apa yang kita lakukan selama ini selalu dipantau media, dan diapresiasi pula oleh media,” kata Kusworo. Bagi Kusworo, penghargaan itu adalah cambuk bagi dirinya, untuk terus melakukan yang terbaik bagi masyarakat. (YM )

Tinggalkan Komentar