Beranda Kabar Wisata Joyo Karyo Raih Juara 1 Lomba Patrol 2021

Joyo Karyo Raih Juara 1 Lomba Patrol 2021

0

SINGOTRUNAN – “Usaha tak menghianati hasil,” begitulah ungkapan yang tepat untuk salah satu personil grup kesenian patrol “Joyo Karyo”. Berkat kerja keras dan konsistensinya dalam berlatih selama hampir 1 bulan, akhirnya grup patrol asal Kelurahan Singotrunan tersebut berhasil menyabet piala juara 1 tingkat Kabupaten Banyuwangi.

Adanya prediksi bahwa grup patrol Joyo Karyo akan memenangi lomba patrol 2021 akhirnya terbukti setelah Dewan Juri mengumumkan hasil lombanya pada, Minggu (9/5/21) malam lalu. Setelah acara pemberian hadiah piala, sertifikat, dan uang pembinaan, Wakil Bupati Banyuwangi turut menyampaikan rasa bangganya kepada para pemenang.

“Saya bangga kepada seluruh seniman muda patrol yang mengikuti serangkaian acara ini. Saya mengucapkan kepada seluruh pemenang. Terus berkarya di esok hari dan jangan pernah berhenti untuk melestarikan kesenian milik Banyuwangi ini,” paparnya.

Saat ditemui di kediamannya, Nunu Sutedjo selaku ketua kelompok seni Joyo Karyo mengatakan, bahwa kemenangan yang diraih oleh adik-adik didiknya merupakan suatu kebanggaan yang tidak terkira.

“Sebetulnya, awalnya saya mengajak anak-anak untuk mengikuti lomba tersebut lantaran hanya ingin untuk berkarya saja. Menang kalah itu adalah soal belakangan. Saya menyampaikan kepada mereka supaya bersungguh-sungguh ketika berlatih karena mereka sendiri yang awalnya juga ingin berkarya. Ya dari acara inilah kami buktikan karya kita melalui musik patrol,” tuturnya.

Nunu menambahkan, bahwa kemenangan ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Pasalnya, sejak awal Nunu selalu melibatkan para konsultan seniman dari Banyuwangi terutama seniman legendaris asal Banyuwangi, yakni Sobari Sofyan. Dedikasinya begitu besar lantaran turut membantu dalam hal komposisi koreo dan penataan kostum.

“Setiap latihan kami selalu mengadakan zoom bersama para mentor-mentor yang ada di luar kota untuk mengamati penampilan kami lalu mengevaluasi. Kami selalu berkomunikasi dengan para seniman yang sudah senior,” ujar Nunu.

Nunu menceritakan proses awal pengerjaan syair lagu, dirinya berkolaborasi dengan Sobari. Tak hanya itu, hingga saat gladi resik pun Sobari juga turut membantu membenahi, sehingga saat tampil koreo dari para personel pun sudah berbeda.

Walaupun berhasil membawa kemenangan, dirinya berharap agar adik-adik tidak merasa sangat puas berkat lomba ini agar mereka selalu haus akan berkarya dan bersemangat menghasilkan karya-karya lainnya. Ia pun juga berterimakasih kepada masyarakat lantaran sudah membantu memfasilitasi dan mendampingi latihan sampai larut malam.

“Alhamdulillah planning selanjutnya adalah berlatih musik patrol lagi untuk ditampilkan pada acara Halal Bihalal di Pendopo Banyuwangi, namun dengan tema yang berbeda. Tema lebaran dengan komposisi musik yang lebih entertaining,” paparnya. Senin, (10/5/21).

(AR)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here