Beranda Kabar Desa Kabar Tani Jelang Bulan Ramadhan, Petani Desa Aliyan Ramai-Ramai Tanam Sayuran

Jelang Bulan Ramadhan, Petani Desa Aliyan Ramai-Ramai Tanam Sayuran

0

Banyuwangi – Ramadhan tinggal sebulan lagi. Momen inipun banyak dimanfaatkan para petani untuk menanam berbagai macam jenis sayuran yang siap dipanen pada bulan puasa. Salah satunya ialah Sutarjo, (67) warga Desa Alian Kecamatan Rogojampi.

Di tengah teriknya matahari, lelaki kelahiran tahun 1953 ini terus menggemburkan dan membuat gundukan di sawahnya untuk ditanami bibit sayur. Tanpa mengenal rasa lelah, satu persatu gundukan terus iya cangkul seorang diri.

Bulan Ramadhan, kata Sutarjo, menjadi berkah tersendiri bagi petani sayur mayur. Sebab, harga hasil pertanian holtikultura mengalami lonjakan harga cukup signifikkan saat bulan suci umat muslim tersebut.

“Kenapa saya lebih memilih menanam sayur saat ini, karena sebentar lagi kan bulan puasa, nah, itu biasanya harga sayur baik mas, makanya saya coba tanam salah satunya ya mencari harga,” kata Sutarjo

Rencananya ia juga akan menanami sebagian dari 1 hektar lebih dari lahan persawahannya dengan tanaman palawija. “Sebagian tetap saya tanami padi. Sebagian lagi khusus palawija,” imbuhnya.

Untuk menjaga kualitas tanamannya, Sutarjo mengaku tidak menggunakan pupuk pestisida, melainkan hanya menggunakan pupuk organik. Pupuk organik yang digunakan merupakan buatannya sendiri, dengan memanfaatkan limbah ternak kambing.

“Dari segi pemberian pupuk, hampir kurang lebih satu musim ini saya beri pemupukan organik terhadap tanaman saya mas, dan alhamdulillah berhasil. Saya manfaatkan kotoran kambing, kemudian saya olah sendiri untuk menghasilkan tanaman organik di Desa Alian.” Pungkasnya.

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar