Beranda Kabar Wisata Jelajah Pantai Ngurtafur, Rasakan Sensasi Berjalan di Tengah Lautan

Jelajah Pantai Ngurtafur, Rasakan Sensasi Berjalan di Tengah Lautan

0

Berjalan di tengah lautan rasanya adalah hal mustahil yang bisa dilakukan, tapi tidak jika Anda berkunjung ke Pantai Ngurtafur yang terkenal dengan lautan terbelah. Di sini Anda akan disuguhi sensasi luar biasa, berjalan menyusuri pasir putih di laut Maluku Tenggara.

Pantai yang terbilang cukup unik ini, memang tengah menjadi salah satu daya tarik wisata bahari di daerah Maluku Tenggara. Ketika pantai-pantai lain hanya menyuguhkan keindahan dari pinggir pantai, namun Pantai Ngurtafur malah menawarkan sensasi unik dan menarik untuk dicoba, yaitu wisatawan bisa merasakan berjalan ke tengah-tengah laut tanpa menggunakan kapal.

Bukan sulap juga bukan sihir, sesuai dengan namanya Pantai Ngurtafur yang mana Ngur artinya pasir sedangkan Tafur berarti timbul, jadi hal ini disebabkan adanya hamparan pasir yang timbul sepanjang 2 km, yang seolah membelah lautan. Hamparan pasir inilah yang kemudian dijadikan pijakan bagi para wisatawan untuk menyusuri lautan tanpa takut tenggelam.

Selain itu, hamparan air laut berwarna biru cerah akan menemani Anda menyusuri pasir putih, sehingga Anda dijamin tidak akan jenuh meski hanya berjalan-jalan saja.

Jika beruntung, Anda pun akan disuguhi pemandangan lainnya yang tak kalah cantik, yaitu kehadiran sekelompok burung bangau yang biasa bermain di sepanjang pasir pantai tersebut.

Tidak hanya berjalan-jalan saja di sepanjang hamparan pasir, Anda tentu juga bisa merasakan kesegaran air laut dengan berenang atau melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut. Namun untuk hal ini, diharapkan Anda membawa peralatan sendiri karena di lokasi ini belum terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkeling.

Lokasi

Pantai Ngurtafur ini berlokasi di wilayah Laut Banda, Pulau Woha yang merupakan bagian dari Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Indonesia.

Adapun rute untuk mencapai pantai ini jika Anda datang dari luar kota, Anda harus melalui Bandara Karel Sadsuitubun di Kota Langgur. Lalu dari Bandara lanjut menuju Pelabuhan Ohoi Debut, dan dari sini Anda harus menggunakan perahu sewaan untuk mencapai Pulau Woha. Perjalanan sekitar 30 menit, untuk mencapai lokasi Pantai Ngurtafur ini.

Tiket Masuk

Berwisata ke Pantai Ngurtafur tidak dikenai tiket masuk sama sekali. Namun Anda harus menyiapkan uang untuk menyewa perahu dengan kisaran harga sekitar Rp1.000.000 untuk 1 perahu dengan kapasitas muatan sebanyak 8 hingga 10 orang.

Jam Operasional

Pantai Ngurtafur dibuka selama 24 jam sehari dan selama 7 hari seminggu. Namun jika Anda akan berwisata ke pantai ini, tetap saja Anda harus mempertimbangkan waktu Anda berkunjung, mengingat laut tidak setiap saat surut, ada kalanya ketika laut pasang, maka tentu saja Anda tidak akan merasakan sensasi menyusuri pasir putih yang membelah lautan. Waktu terbaik untuk berkunjung disarankan ketika Bulan April-Mei atau Bulan Oktober-Desember.

Fasilitas

Untuk saat ini, fasilitas di Pantai Ngurtafur memang belum terlalu memadai, bahkan belum ada apa-apa selain gardu pandang dengan tinggi 3-4 meter yang bisa Anda gunakan untuk memandang dengan jelas liukan pasir putih Pantai Ngurtafur dan sebuah gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

Karena kondisi tersebut, maka Anda disarankan untuk membawa perlengkapan seperti topi atau kacamata hitam agar Anda merasa nyaman ketika menyusuri pantai ini. Selain itu juga disarankan untuk membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup selama berada di sana.

Meski fasilitas di pantai ini belum terlalu memadai, namun keindahan alam yang tersaji sudah cukup menjadi alasan untuk Anda datang berwisata dan mengabadikan pemandangannya melalui lensa kamera.

Penulis: Yulia Gumay

(www.eljohnnews.com)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here