Beranda Kabar Desa Jaga Kamtibmas, Desa Kaotan Sinergikan Fungsi Tiga Pilar

Jaga Kamtibmas, Desa Kaotan Sinergikan Fungsi Tiga Pilar

0

Banyuwangi – Pemerintah Desa Kaotan terus berupaya menciptakan kondisi masyarakat yang aman, nyaman, dan tertib. Salah satu cara yang dilakukan ialah dengan memaksimalkan peran tiga pilar, yakni Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mengayomi masyarakat.

Kepala Desa Kaotan, Moh. Nur Hairi menyampaikan, dalam kehidupan sosial masyarakat tidak bisa dipungkiri kerap terjadi gesekan atau konflik yang tentunya mengganggu kamtibmas. Tentu kondisi ini harus diminimalisir agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang damai dan harmonis.

“Di sinilah pentingnya 3 pilar desa. Kades bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus bisa bersinergi untuk menyelesaikan polemik-polemik yang terjadi di tengah masyarakat,” kata Nur Hariri.

Tiga pilar desa ini, kata Nur Hariri, harus bisa menjadi penengah bahkan sebagai mediator jika terjadi gesekan warga. “Dengan adanya tiga pilar dalam pemerintahan desa, tiga pilar di Desa Kaotan ini selalau mengoptimalkan dikala terjadinya gesekan-gesekan sesama warga atau masyarakat. Dan jalan mediasi selalu kita utamakan disini,” katanya.

Menurut Nur Hariri, tiga pilra desa ini memang memiliki tugas fungsi yang berbeda. Namun, tugas dan fungsi ini saling berkaitan dan tidak bisa lepas satu sama lain.

“Tupoksi Kepala Desa, yaitu harus memegang teguh pengamalan Pancasila, UUD 1945 serta dapat memelihara keutuhan NKRI. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban, merupakan hal penting yang dibutuhkan oleh masyarakat dari peran seorang Kepala Desa,” jelasnya.

Sedangkan tupoksi Bhabinkamtibmas yakni dapat membimbing masyarakat untuk memelihara keamanan, ketertiban, penegakan hukum, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat.

“Bhabinkamtibmas juga harus membina partisipasi masyarakat dalam rangka pembinaan Kamtibmas secara swakarsa disamping melakukan tugas-tugas kepolisian secara umum,” imbuhnya.

Demikian pula tupoksi Babinsa. Babinsa bertugas melaksanakan bimbingan Teritorial (Binter), melatih satuan perlawanan rakyat, memimpin perlawanan rakyat di pedesaan dan memberikan penyuluhan kesadaran bela negara.

“Babinsa harus dapat memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang pertahananan dan keamanan negara,” ujarnya.

Melalui sinergi tiga pilar desa ini, Nur Hariri optimis bakal tercipta keharmonisan dalam kehidupan sosial masyarakat Desa Kaotan. “MelaluinTiga Pilar kita juga selalu memantau perkembangan remaja kita, untuk meminimalisir kenakalan remaja. Sehingga tercipta generasi muda yang berakhlak dan berbudi pekerti baik,” tutupnya.

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar