Beranda Kabar Wisata Kuliner Jadi Minuman Favorit Buka Puasa, Buah Krai Paling Diburu Warga Saat Ramadhan

Jadi Minuman Favorit Buka Puasa, Buah Krai Paling Diburu Warga Saat Ramadhan

0

BANYUWANGI – Tiap kali memasuki Bulan Ramadhan, seluruh masyarakat pasti akan berburu kuliner khas di daerahnya. Tak terkecuali di Banyuwangi. Salah satu menu khas untuk berbuka puasa adalah buah ”krai”. Kondisi tersebut dapat dilihat langsung di setiap sudut kota Banyuwangi pada Senin, (19/4/21).

Buah krai yang mirip dengan blewah ini merupakan salah satu bahan baku utama untuk membuat minuman yang menyegarkan. Oleh sebab itu, tak heran jika buah mirip mentimun berukuran besar ini kerap diburu oleh pembeli, khususnya umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Bentuk buah krai mirip dengan timun suri. Buah ini rasanya hampir sama dengan buah blewah, namun tekstur daging buahnya lebih lembut. Aroma buah yang masak juga jauh lebih harum dibanding blewah.

Selama bulan Ramadhan, mayoritas pedagang buah krai dadakan sangat mudah ditemui. Pedagang krai bertebaran hampir di berbagai penjuru Banyuwangi. Salah satu pedagang buah krai adalah Aisyah, 48, yang berjualan di pinggir jalan nasional Kabat bersama dengan sejumlah pedagang lainnya.

Lokasi tersebut sejak lama memang telah menjadi pusat penjualan buah krai selama Ramadan yang buka pada pukul 09.00 WIB hingga jam 17.00 sore.

“Buah krai dijual secara eceran atau bijian. Harganya mulai Rp 4.000 untuk ukuran yang paling kecil dan Rp 20 ribu untuk ukuran terbesar. ”Alhamdulillah bisa untuk pemasukan selama Ramadan,” ujar Aisyah.

Buah krai memang hanya bisa dijumpai selama bulan Ramadan. Tak ayal buah krai menjadi salah satu komoditas yang selalu diserbu pembeli. Aisyah mengaku jika pendapatan penjualan buah krai selama Ramadan cukup menguntungkan. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hasil penjualan krai juga diputar kembali untuk usaha lainnya.

Hampir seluruh masyarakat memanfaatkan buah tersebut menjadi Es buah krai lantaran sangat cocok disajikan sebagai minuman berbuka puasa.

Cara membuat minuman ini juga sangat mudah. Buah krai dibelah, kemudian dipotong dagingnya atau diserut. Campur larutan air gula dan buah krai di dalam satu wadah. Agar lebih segar tinggal memasukkan es batu atau dimasukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam, es buah krai pun siap dihidangkan. (AR)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here