Beranda Kabar Lainnya Irigasi Kendi Atasi Kekeringan

Irigasi Kendi Atasi Kekeringan

0

Jermber – Kekeringan di beberapa wilayah Jember masih terjadi, tak hanya lahan pertanian, namun pepohonan di jalanan juga banyak yang kering karena kurangnya asupan air.

Namun tidak demikian di kawasan seputaran Jalan Mastrip Jember. Karena mahasiswa Polije telah membuat irigasi sederhana dari kendi agar asupan air pada pohon terus terjaga.

Para mahasiswa ini  menggunakan kendi sebagai bahan untuk irigasi pada beberapa pohon yang berada di kawasan Jalan Mastrip termasuk area kampus Polije.

Tehnik irigasi ini sangat simpel, kendi ukuran kecil di tutup bagian mulutnya dengan plastik hingga rapat, sedangkan di bagian kepala kendi juga dibuatkan penutup knock down yang bisa di buka tutup.

Kendi tersebut kemudian di masukkan tanah persis di bawah tanaman, setelah itu di urug tanah dan di beri air hingga penuh. Kepala kendi kemudian di tutup dengan kayu yang telah di modifikasi. Jika air berkurang, maka kendi bisa di isi ulang sewaktu waktu.

“ cara ini efektif agar tanah di sekitar tanaman menjadi lembab meski musim kemarau, karena sejatinya kendi yang terbuat dari tanah liat dalam kondisi telah di isi air, sedikit demi sedikit air didalam kendi akan merembes ke tanah, sehingga area tersebut terus lembab, sehingga asupan air pada tanaman tersebut terjaga,” papar Bella, mahasiswa Polije.

Dan benar saja, meski musim kemarau, seluruh tanaman di kawasan Polije ini tetap menghijau.(bbg).

 

Tinggalkan Komentar