Beranda Kabar Wisata Ijen Geopark Run 2021 Susuri Pesona Alam Bondowoso Hingga Banyuwangi

Ijen Geopark Run 2021 Susuri Pesona Alam Bondowoso Hingga Banyuwangi

0

Banyuwangi – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi gelar Ijen Geopark Run Exhibition hiselama dua hari, 3 – 4 April 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan Ijen Geopark menuju Unesco Global Geoparks (UGG).

Ijen Geopark Run Exhibition merupakan rangkaian dari Geopark Run Series 2021 dengan melibatkan puluhan pelari tingkat nasional dan lokal. Setidaknya terdapat 10 pelari ultra marathon dan 20 pelari lokal dari Bondowoso dan Banyuwangi yang turut terlibat dalam event ini.

“Ini merupakan seri ke sekian. Sebelumnya juga digelar di beberapa geopark di Indonesia. Acara seperti ini akan terus digelar, meski dalam situasi pandemi terpaksa harus diadakan secara terbatas. Tahun-tahun sebelumnya kami menggelar di daerah Belitung, Ciletuh, Gunungsewu, serta lainnya. Semuanya merupakan kawasan geopark” kata Ketua Geopark Run Series Indonesia, Yv Tri Saputra.

Semua peserta yang terlibat harus menempuh jarak kurang lebih 65 kilometer. Dimulai dari Puncak Geosite Dinding Kaldera Megasari Bondowoso dan berakhir di Pendopo Banyuwangi dengan beragam medan lintasan yang dilawati. Mereka juga diajak melewati beberapa Geosite dan tempat wisata yang berada di kawasan Ijen Geopark. Diantaranya yaitu: Lava Plow Plalangan, Kawah Wurung, Kalipait, Kawah Ijen, Erek-erek geoforest, Kalibendo Plantation, Tamansuruh Agro Tourism, dan Desa Kemiren.

Karena digelar saat pandemi, event ini tetap menerapkan protokol CHSE secara ketat sesuai peraturan Kemenparekraf.

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here