Beranda Kabar Desa Hadapi Masa New Normal Pembentukan Kampung Tangguh Terus Diperluas

Hadapi Masa New Normal Pembentukan Kampung Tangguh Terus Diperluas

0

Banyuwangi – Menghadapi masa kebiasaan baru (New Normal) yang bakal segera diberlakukan ditengah pandemi Covid-19, pembentukan Kampung Tangguh sebagai kepanjangan tangan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ditingkat paling bawah, terus diperluas. Dengan terbentuknya Kampung Tangguh ini diharapkan agar masyarakat memiliki kemampuan dalam mengatasi persoalan secara mandiri dan gotong royong. Dan untuk wilayah Kecamatan Kota Banyuwangi, pembentukan Kampung Tangguh yang dilengkapi satuan tugas (Satgas) pelaksanaannya, terus diperluas hingga ke tingkat RT/RW.

Sebagaimana disampaikan Kepada Kelurahan Karangrejo, Effendi Kusumo, diwilayah Kelurahan Karangrejo ada 3 lokasi yang telah ditetapkan sebagai Kampung Tangguh, aalah satunya adalah wilayah RT 03 RW III Perumahan Palm Raya.

“Sebelum diberlakukan masa New Normal, keberadaan Kampung Tangguh seperti ini sangat penting. Sebagai kepanjangan tangan dari Gugus Tugas penanganan Covid-19 ditingkat paling bawah, melalui Kampung Tangguh ini diharapkan masyarakat bisa lebih mandiri dan efektif dalam menjaga penyebaran Covid-19 di lingkungannya,” kata Effendi Kusumo, yang didampingi petugas Babinkamtibmas dan Babhinsa, saat pembentukan Kampung Tangguh di Perumahan Palm Raya, Jum’at (5/6) malam.

Dalam kesempatan tersebut Effendi Kusumo menegaskan bahwa aktifitas kegiatan masyarakat seperti pengajian, akan mulai dilonggarkan dalam waktu dekat. Namun dengan catatan, semua harus lebih mengedepankan protokol kesehatan. “Kalau misalkan pengajian dirumah tempatnya cukup ya monggo. Kalau kurang luas, bisa dilakukan di Musholla. Terapi tetap harus menggunakan masker dan cuci tangan,” jelasnya.

Sementara itu, data terakhir dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi menyebutkan, di Banyuwangi saat ini tercatat ODP sebanyak 855 orang, PDP sebanyak 35 orang dan Positif sebanyak 10 orang. (b)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here