Beranda Teknologi Hacker Sebar 2,2 Miliar Informasi yang Bocor Secara Gratis

Hacker Sebar 2,2 Miliar Informasi yang Bocor Secara Gratis

0
Foto @Ubergizmo

Hacker yang berhasil membobol layanan online biasanya akan menjual kredensial curiannya di dark web. Sekarang, seorang hacker malah terlihat mendistribusikan data hasil curians secar gratis.

Terdapat kebocoran yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, beberapa hacker telah menggabungkan sebagian besar kredensial yang bocor dalam satu bundle yang berisi 2,2 miliar nama pengguna dan password unik.

Menurut laporan, kumpulan 2,2 miliar nama pengguna dan password unik didistribusikan secara gratis melalui forum hacker dan torrent. Artinya, siapa pun bisa memperolehnya meskipun tidak mengetahui apa yang akan dilakukan dengan data ini.

Laporan ini menyusul informasi bocoran besar 773 juta nama pengguna dan password unik sebelumnya yang juga didistribusikan via online secara gratis. Database tambahan jenis yang sama kini telah muncul online dengan total data curian 845GB.

Sebagian besar kredensial curian tampaknya berasal dari serangan besar-besaran terhadap perusahaan seperti Yahoo, Dropbox, dan LinkedIn, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (1/2/2019).

Munculnya laporan ini juga membayangi pengguna yang sering menggunakan password yang sama untuk semua akun dan tidak tahu informasi mereka bocor. iNews / Dini Listiyani

Tinggalkan Komentar