Beranda Kabar Wisata Goa Sodong Banyuwangi Suguhkan Pemandian Dalam Hutan

Goa Sodong Banyuwangi Suguhkan Pemandian Dalam Hutan

0

BANYUWANGI – Jelajah Media9 kali ini tertuju pada salah satu destinasi wisata pemandian yang berada di dalam hutan. Disebutnya Goa Sodong, goa ini beralokasi di daerah barat Kota Banyuwangi. memang, wilayah barat Banyuwangi hampir seluruhnya adalah daerah penggunungan yang kondisi hutannya masih terjaga, sehingga bukan hal aneh jika masih banyak sumber air di Banyuwangi.

Wisata Goa Sodong terletak di Dusun Pelinggihan, Desa Grogol Kecamatan Giri Banyuwangi. Goa Sodong mulai dibuka untuk wisata sejak 2018 lalu. Siapa sangka alokasinya berada di pinggiran hutan dan jauh dari keramaian hingga jika berkunjung disana maka yang terdengar hanya gemerincik air, suara burung dan suara-suara ceria dari pengunjung yang sedang bermain air.

Rute menuju ke tempat ini dapat ditempuh dengan dua cara, yaitu melewati Penataban atau melewati Kemiren. Wisatawan dapat mencari lokasi Goa Sodong ini dari Google Maps dan dapat memilih rute yang lebih dekat menurut wisatawan.

Konon, Goa Sodong dahulunya digunakan para sesepuh sebagai tempat pertapaan. Dikisahkan sosok sesepuh Desa Grogol tersebut adalah Mbah Kecling atau H. Hasan yang merupakan anak dari Wong Agung Wilis seorang pejuang Blambangan di masa penjajahan Belanda. Tak jauh dari Goa Sodong, juga terdapat makam Syekh Ali Muhammad AL-Magrobi.
Namun, kini Goa Sodong dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat setempat. Tempatnya yang sejuk cocok untuk dijadikan short escape bagi wisatawan yang jenuh. Tempat ini dikelilingi pohon-pohon buah yang tinggi, seperti pohon durian, manggis, dan pohon-pohon lainnya.

Dari parkiran dan loket masuk, wisatawan harus menyebrangi sungai kecil dengan menggunakan jembatan Bambu. Sampai di sebrang, baru akan terlihat rimbunnya objek wisata Goa Sodong.

Penampakan Goa Sodong dari luar tak kecil mulut goanya. Namun, di jika wisatawan mencoba untuk memasuki goa, akan terasa lebih lega dan longgar. Dari dalam goa tersebut, terdapat mata air yang dialirkan keluar goa melalui pipa.

Sumber airnya sangat dingin dan natural. Kolam pemandiannya ada dua tipe, untuk dewasa dan anak-anak. Airnya sama-sama menyegarkan. Yang membedakan adalah tinggi airnya, tinggi air kolam dewasa lebh tinggi daripada untuk anak-anak.

Kolam pemandian ini dipercaya merupakan pertemuan tujuh mata air. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, mata air yang merupakan pertemuan tujuh mata air dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di Goa Sodong juga terdapat balai-balai atau gazebo yang dapat digunakan utuk bersantai sambil makan setelah berendam. Di kawasan Goa Sodong juga terdapat warung-warung makanan yang dikelola oleh masyarakat setempat.
(Ikrimahayus)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here