Beranda Kabar Wisata Geopark Ijen, Penjelasan Lengkap dan Lingkup Wilayahnya

Geopark Ijen, Penjelasan Lengkap dan Lingkup Wilayahnya

0

Banyuwangi – Geopark Ijen adalah salah satu taman bumi (geopark) yang ada di wilayah Banyuwangi. Geopark adalah kawasan yang memiliki unsur-unsur warisan alam dan budaya, meliputi unsur geologi, arkeologi, ekologi, dan budaya.

Di Geopark Ijen, telah memenuhi unsur-unsur tersebut. Tidak hanya satu atau dua saja, tetapi sangat banyak. Unsur-unsur geopark di Banyuwangi juga memiliki nilai keindahan dan edukasi tersendiri.

Seperti contohnya kekayaan geologi, Banyuwangi memiliki banyak situs geologi yang merupakan pusat edukasi. Beberapa di antaranya adalah Gunung Ijen, Gunung Raung, Pulau Merah, Teluk Hijau, Taman Nasional Alas Purwo, dan masih banyak lagi.

Di sisi arkeologi, terdapat beberapa situs yang dapat ditemui di Kabupaten Banyuwangi. Salah satunya adalah Kendeng Lembu yang kaya akan pengetahuan arkais yang dapat di-explore dan dinikmati.

Kekayaan ekologi di Banyuwangi juga beragam. Mulai dari Taman Nasional Baluran dengan keeksotisan savana, hutan evergreen, hingga Pantai Bama dan keragaman ekosistemnya. Hingga hutan-hutan di Taman Nasional Alas Purwo yang tidak kalah keragaman ekologinya.

Budaya di Banyuwangi juga beragam. Mulai dari bahasa, rumah adat yang unik dan sarat akan filosofi, beragama tradisi, tarian daerah, musik khas Osing, hingga makanan. Tidak akan habis dibicarakan karena sangat banyak dan beragam.

Artinya banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke sebuah geopark yang ada di dunia salah satunya adalah Geopark Ijen. Di Geopark Ijen kita bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan mulai dari proses terbentuknya daerah ini secara geologi, hewan dan tumbuhan yang mendiami kawasan ini hingga kebudayaan yang ada serta masyarakat yang membuat dan melestarikan budaya tersebut.

Jadi, ayo kunjungi Banyuwangi dan bermain di Taman Bumi (Geopark) Ijen. Tidak hanya mendapatkan keindahan alam, tetapi juga ilmu dan beragam manfaat untuk pengetahuan. (di)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here