Beranda Kabar Wisata Gelaran Mojo Batik Spekta 2019 Diikuti 260 Lebih Peserta dan Tampilkan Batik...

Gelaran Mojo Batik Spekta 2019 Diikuti 260 Lebih Peserta dan Tampilkan Batik Khas

0

JEMBER – Pemkot Mojokerto serius menggarap dan mempromosikan batik khasnya melalui berbagai even. Seperti halnya dalam gelaran Mojobatik Festival bagian dari Mojo Spekta 2019, sekitar 260 lebih peserta menampilkan gaun yang indah, dengan kain motif Sisik Gringsing ciri khas batik kota setempat.

Mojo Spekta 2019 yang digelar sejak (20/11/2019) dan berlangsung selama 3 hari,  tak hanya menampilkan ratusan peserta dari berbagai kota, Mojobatik Festival itu juga menampilkan gaun rancangan tiga desainer muda berbakat.

Tiga desainer yang terlibat dalam Mojobatik Festival tersebut yakni Dwi Iskandar, Irma Lumiga dan Diana Mulyono Putri. Selain itu, penampilan penyanyi dangdut, Jenita Janet mampu memukau warga Kota Mojokerto. Penyanyi khas dengan wig warna-warni ini juga memakai batik motif sisik gringsing.

Atas gelaran acara yang gagap gempita itu, Anggota Komisi II DPR RI, Eva Yuliana mengapresiasi Pemkot Mojokerto, budaya yang menjadi pondasi kehidupan dibangkitkan kembali oleh Walikota Mojokerto. “Budaya kita ini, batik ini tidak hanya torehan seni tapi juga ada doa dalam setiap goresannya,” kata Yuliana saat dikonfirmasi disela gelaran acara tersebut.

Menurut wanita yang juga politisi partai Nasdem ini, inisiasi pemerintah ini juga mendorong pelestarian kebudayaan daerah, serta menunjukkan nilai-nilai cinta NKRI.

“Masyarakat sangat mencintai Mojokerto, mencintai budayanya dapat diawali dari festival batik ini. Batik maknanya sangat dalam. Sisik Gringsing ada tiga makna, yakni kesejahteraan, keseimbangan dan kemakmuran. Ini kandungan doa dalam batik ini. Bagaimana menjadi negara yang baik, itu harus didasari dengan budaya dan jiwa seni,” ulasnya.

“Dalam hal ini batik, saya mengapresiasi Kota Mojokerto dengan mengadakan festivasl batik sehingga masyarakat bangga terhadap Indonesia, bangga terhadap budaya dan memiliki kehidupan dasar yang patut dijaga bersama,” sambungnya.

Sementara itu, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, Mojobatik Festival yang merupakan rangkaian Mojo Spekta 2019 mengangkat batik motif Sisik Gringsing yang merupakan warisan Majapahit. “Sepasar nang khuto Mojokerto, lima hari berkunjung ke Mojokerto,” tuturnya.

Dalam Mojobatik Festival tersebut, juga mengangkat para pengrajin batik di Kota Mojokerto, ini karena setiap pendaftar wajib membeli batik asli Mojokerto. Tentunya even tersebut diharapkan menjadi sebuah upaya sangat strategis untuk meningkatkan potensi daerah.

“Yakni dalam mengangkat kota Mojokerto khususnya batik sehingga mampu meningkatkan omset para pengrajin batik di Kota Mojokerto hingga 300 persen. Diharapkan even tahunan ini bisa meningkatkan ekonomi khususnya UKM batik,” tegasnya. ( ark )

Tinggalkan Komentar