Beranda Kabar Wisata Gelar Acara Workshop Promosi Wisata, Diskominfo Jawa Timur Hadirkan Pemilik Akun Medsos...

Gelar Acara Workshop Promosi Wisata, Diskominfo Jawa Timur Hadirkan Pemilik Akun Medsos BWI24Jam

0
Gambar : Gelar Acara Workshop Promosi Wisata, Diskominfo Jawa Timur Hadirkan Pemilik Akun Medsos BWI24Jam

Banyuwangi – Dalam rangka menggeliatkan konten-konten promosi destinasi wisata melalui media online maupun sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Workshop dengan tema โ€˜Peran Pegiat Media Sosial dalam Promosi Wisata Lokalโ€™ (15/10).

Serangkaian dengan acara bertajuk Forum Pegiat Medsos (Media Sosial) tersebut, juga menghadirkan tiga narasumber, salah satunya adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M Yanuar Bramudya, serta ditemani dua narasumber lainnya yakni Rohimah selaku pegiat wisata lokal dan sekaligus pemilik biro travel wisata, dan pegiat medsos lokal Ilham Ridho, yang juga sebagai pemilik akun medsos BWI24Jam.

Workshop Forum Pegiat Medsos yang digelar di Hall Hotel Ketapang Indah, dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama dengan seluruh audiens, yang dibuka oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfo Jawa Timur Edy Supaji.

โ€œHari ini kita tidak lepas dari promosi wisata, promosi tidak hanya berupa pameran saja, namun juga perlu adanya promo melalui media sosial, media online guna memperluas informasi terkait potensi-potensi destinasi wisata, terutama di wilayah Jawa Timur.โ€ Ungkap Edy Supaji dalam pidato sambutan sebagai pembuka acara.

Acara diskusi bersama berlangsung dengan khidmat, yang diawali dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dihibur dengan Seni Kentrung lokal, dilanjut dengan sesi diskusi bersama serta dilanjutkan dengan makan siang bersma.

Dalam sesi diskusi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M Yanuar Bramudya memaparkan beberapa hal terkait grafik wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

โ€œGrafik pasar wisata kita hari ini, sangat dipengaruhi oleh peta zona merah Covid-19 yang ada di Banyuwangi, jadi betapa pentingnya media sosial maupun media online kita ini, sangat memegang dan mempengaruhi peranan grafik pasar wisata kitaโ€ kata M Yanuar Bramudya

Selain itu dirinya juga mengungkapkan, bahwa pihaknya juga sudah membuat suatu platform yang diperuntukan kepada seluruh kalangan wisatawan.

โ€œKita juga telah membuat platform promosi pariwisata Banyuwangi yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, namanya Banyuwangi tourism, disitu kita sudah sediakan semua kebutuhan wisatawan mulai dari paket travel, daftar wisata, sampai hotel dan restoran semua kita lengkapi, tentunya bagi yang tersertifikasi.โ€ Tambahnya.

Lebih lanjut, Rohimah yang juga sebagai narasumber dari pelaku wisata lokal, juga mengungkapkan beberapa pernyataan terkait dampak dan perubahan perilaku wisatawan selama masa pandemi.

โ€œKita juga telah mempunyai catatan sebagai pelaku usaha dalam bidang jasa di dunia pariwisata, memang ada hal-hal baru yang berhasil kita amati misalnya, wisatawan saat ini sangat butuh jaminan bagaimana dia akan sehat, aman dan selamat selama berwisata, kemudian, saat ini para wisatawan juga lebih cenderung mencari destinasi terdekat dan yang ketiga, dari teman-teman Hotel pun juga banyak yang mengatakan, saat ini berwisata itu tidak perlu ke destinasi, namum stay di hotel pun juga sudah banyak terjadi, dengan menikmati berbagai fasilitas-fasilitas yang ditawarkan.โ€ Jelas Rohimmah dalam pemaparannya.

Kemudian dari pegiat medsos Ilham Ridho mengatakan, akun medsos Banyuwangi 24 Jam atau BWI24Jam, sebenarnya merupakan mitra pemerintah, yang ikut serta untuk membantu memberikan informasi dengan konten, agar membuat wisatawan tidak takut datang ke Banyuwangi meski dalam masa pandemi.

โ€œSaya rasa kedepan semua yang ada di Banyuwangi akan membaik, dengan adanya konten-konten yang kita sajikan di seluruh medsos, untuk konten BWI24Jam kita fokuskan seperti tema Keluarga, Alam, Budaya sehingga orang lebih tertarik untuk mengunjungi.โ€ kata Ilham Ridho yang juga sebagai pemilik akun medsos BWI24Jam.

Keseruan diskusi dengan tema yang menarik tersebut, sangat membaur dan menyatukan suasana dalam forum, sehingga membuat penasaran kepada para audiens yang hadir. salah seorang audiens bernama Agus Suniarto yang juga sebagai pegiat medsos dan pengusaha bidang jasa mengajukan pertanyaan menarik.

โ€œBagaimana cara pegiat media sosial yang masih baru atau pemula, untuk bisa bergabung ke media yang sudah besar, agar bisa berkembang dalam segi informasi yang didapat ?โ€ Tanya Agus

Menanggapi pertanyaan dari salah seorang pegiat media sosial tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M Yanuar Bramudya menjawab dengan rasa yang bersahabat.

โ€œUntuk akun medsos-medsos yang baru misalnya, dalam hal informasi atau pemberitaan, tentu kita sangat terbuka, bahkan saya bilang kantor dinas kita ini jangan dijadikan sebuah kantor lagi, kantor dinas kami rubah sebagai rumah rakyat, untuk apa? ya, untuk para pegiat-pegiat wisata di Banyuwangi, agar bisa bersama-sama berjalan mempromosikan destinasi wisata di Banyuwangiโ€ Jawab Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi kepada Agus. (*)

Gambar : Gelar Acara Workshop Promosi Wisata, Diskominfo Jawa Timur Hadirkan Pemilik Akun Medsos BWI24Jam
- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here