Beranda Kabar Wisata Gandeng Pemuda, Bappenas Gelar Geopark Action Plan Untuk Kembangkan Ijen Geopark

Gandeng Pemuda, Bappenas Gelar Geopark Action Plan Untuk Kembangkan Ijen Geopark

0

Kementerian PPN/Bappenas gelar webinar dengan tema “By Youth, With Youth, For Youth : Aksi Pemuda dalam Konservasi & Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kawasan Geopark Secara Berkelanjutan” di Banyuwangi.

Acara ini digelar sebagai langkah lanjutan setelah Ijen Geopark resmi diusulkan menjadi Unesco Global Geoparks (UGG). Menggandeng kalangan pemuda, karena dinilai pemuda akan dapat menjadi aktor perubahan serta dapat berkontribusi pada kerangka kerja strategis UGG untuk perlindungan warisan, mitigasi bahaya alam, perubahan iklim, dan pembangunan berkelanjutan.

Acara yang juga disiarkan melalui zoom meeting dan streaming youtube ini dihadiri oleh beberapa pembicara, diantaranya : Dr. Ir. Yahya Rachmana Hidayat (Direktur Sumber Daya Energi, Mineral, dan Pertambangan Kementerian PPN/Bappenas), Ipuk Fiestiandani Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Vania Santoso (Co-founder heySTARTIC / youth and Climate Action Supporter), Abdillah Baraas (Penggiat Geopark – Banyuwangi), Kaisar Akhir (Founder and Chairman of Indonesian Maritime Youth), Slamet Riyadi (Pegiat Geopark – Bondowoso), dan Drs. Kosmas Harefa, M.Si (Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Kemaritiman dan Investasi).

Generasi muda atau sering disebut generasi milenial diharapkan dapat berkontribusi untuk semakin menjadikan geopark sebagai destinasi wisata yang mendorong pemulihan ekonomi dan menjadi multiplier effect terhadap sektor yang lain.

“Melalui forum ini, saya mengajak anak-anak muda untuk meningkatkan semangat dan menggali potensi yang dimiliki. Memberikan kontribusi untuk menjadi bagian dari arus perubahan dan masa depan bangsa ini.”
ucap Bupati Ipuk.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini langkah Banyuwangi sudah selaras dengan langkah Geopark untuk mengembangkan potensi alam dengan memperhatikan nilai keberlanjutan.

“Pilar pilar geopark selaras dengan konsep pembangunan daerah. Konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan yang semakin baik, dan pastinya selaras dengan konsep pembangunan keberlanjutan, yaitu pembangunan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan generasi sekarang tetapi juga untuk generasi yang akan datang. Kami juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara intensif tentang ijen geopark.” sambungnya.

Menurut Direktur Sumber Daya Energi, Mineral, dan Pertambangan Kementerian PPN/Bappenas. Melalui adanya Ijen Geopark ini akan dapat merubah mindset dari eksploitasi ke konservasi namun tidak menghambat pertumbuhan ekonomi. Karena saat ini adalah eranya Low Carbon Development Inisiatif dimana pertumbuhan ekonomi bersifat inklusif, berkwalitas, dan tidak hanya mensejahterakan masyarakat, namun juga berjalan secara berkelanjutan.

“Tentunya disini peran pemuda sangat diharapkan, dalam rangka mendukung perubahan mainset tersebut. Sehingga diperlukan satu kesadaran, kesepakatan, dan pemahaman dari para pemuda sebagai agen pembangunan untuk merubah mainset dari eksplorasi menjadi konservasi.” tutur Dr. Ir. Yahya Rachmana Hidayat.

Mewakili tim Ijen Geopark – Banyuwangi, Abdillah Baraas mengungkapkan bahwa pihaknya selama lebih dari dua tahun ini telah melangsungkan berbagai kegiatan dengan melibatkan berbagai komunitas dan pemuda.

“Pemuda adalah layaknya gunung api muda, eksplosif, namun memberikan dampak positif yang luar biasa setelah letusannya” pungkasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya Ijen Geopark semakin siap untuk menjadi bagian dari Unesco Global Geoparks (UGG) dengan melibatkan berbagai lini masyarakat.

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here