Beranda Otomotif Mengatasi Aki Motor Yang Sering Soak

Mengatasi Aki Motor Yang Sering Soak

0

Jember – Komponen motor yang paling penting adalah aki. Aki merupakan kunci utama dari segala komponen pada motor Anda yang berfungsi sebagai komponen listrik dan lainnya.

Begitu penting peran aki dalam motor Anda maka perlu dirawat agar tidak mudah soak/rusak. Ini ada beberapa tips untuk merawat aki motor tetap terawat dengan baikm antara lain

Tidak menyalakan stater eletrik dengan paksa
Gunakan stater manual sebagai gantinya pada saat pertama menghidupkan motor anda. Aki sebagai sumber daya yang dirancang untuk mempermudah proses menyalakan motor dan juga digunakan pada keadaaan darurat pada saat motor mati mendadak di jalan raya.

Memperhatikan penggunaan aksesoris
Hiasan atau aksesoris pada motor yang mengunakan listrik bisa mengurangi daya pada aki. Usahakan mengunakan aksesoris seperlunya untuk menjaga energi listrik pada motor Anda tetap terjaga.

Memanasi Motor Minimal 5 Menit
Bagian aki terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) yang berbahan dasar kalsium timbal (PbCa). Dengan bantuan kiprok (sejenis Diode Bridge) yang menyuplai arus listrik ke aki, plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menghantarkan energi listrik menuju komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, sel-sel yang terdapat di dalam aki akan menjadi mati (kering). Maka untuk mencegahnya, Anda harus menyalakan (memanaskan) motor Anda minimal 5 sampai dengan 10 menit setiap harinya.

Perlu diingat, selalu gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.

Padamkan komponen kelistrikan seperti head lamp dan lampu sign pada saat hendak mematikan motor agar tidak menganggu kestabilan tegangan listrik pada saat motor dinyalakan.

Periksa juga ketinggian cairan dalam aki tidak melebihi atau bawah dari yang tertera, segera tambahkan cairan aki bila hampir menyentuh batas bawah dan penuh sesuai dengan batas yang telah tertera. Selain itu periksa kondisi kedua terminal aki, pastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan dan baut yang kencang.

Hal yang paling penting anda harus memeriksa kondisi kiprok yang mengalirkan arus listrik menuju aki. Komponen tersebut berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada pengisian, bila ada salah satu lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil kemungkinan kiprok mulai rusak dan harus di ganti serta periksa apabila ada kebocoran pada bagian aki. ( Berbagai sumber )

Tinggalkan Komentar