Beranda Kabar Wisata Explore Wisata Pantai Kedung Derus Banyuwangi

Explore Wisata Pantai Kedung Derus Banyuwangi

0
foto : Instagram @_andisepkurniawan

Banyuwangi – Salah satu destinasi wisata yang sudah cukup dikenal masyarakat diwilayah Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi adalah pantai Kedung Derus. Pantai ini punya daya tarik sendiri karena letaknya yang terpisah dengan daratan dan harus menggunakan perahu untuk sampai ke lokasi wisata.

Mulanya lokasi destinasi pantai ini kurang begitu terawat dalam pengelolaannya, beberapa orang awalnya juga lebih mengenal dengan nama pantai Pondoknongko karena lokasinya memang di Desa Pondoknongko tepatnya di Dusun Karangmangu. Namun, setelah sempat viral di media sosial beberapa waktu yang lalu, saat ini perkembangan pantai Kedung Derus terus meningkat.

Sekertaris Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) setempat Sunhaji, juga menyampaikan jika bentuk perhatian dari Pemerintah terkait, yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwsata (Disbudpar) Banyuwangi juga sangat aktif untuk memperhatikan serta mendampingi pengembangan wisata Pantai Kedung Derus.

“Tadi juga sempat ada surfei pengecekan bantuan alat-alat perlengkapan standard protokol kesehatan di kawasan Destinasi wisata, dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi”, ungkapnya.

Sedangkan untuk rute atau arah jalan menuju destinasi wisata pantai Kedung Derus lumayan sangat mudah. Misalnya mengambil jarak dari pusat kota Banyuwangi menuju arah ke Rogojampi, kemudian juga melewati Rumah Sakit Fatimah dan area parkir truk-truk besar di kawasan jalan raya Desa Dadapan sebelah kiri jalan 50 meter setelah area parkir truk besar tersebut langsung belok ke kiri masuk jalan menuju desa Pondoknongko.

Setelah masuk dan melintasi jalan dikawasan Desa Pondoknongko, ada papan petunjuk jalan menggunakan banner yang akan mengarahkan dan mengantar sampai ke lokasi tujuan destinasi wisata pantai Kedung Derus. Sampai di area parkir pengunjung, pihak pengelola wisata akan memandu mengantarkan sampai ke titik lokasi menggunakan sebuah perahu dengan menyebrangi muara.

Sementara untuk menyebrangi muara tersebut, terdapat dua dermaga yang berfungsi untuk mengantisipasi pasang surutnya air laut agar perahu tetap bisa beroprasi. Dermaga sebelah barat hanya bisa digunakan saat kondisi volume air laut naik, saat kondisi air laut surut perahu tidak bisa beroprasi karena dasar sungai di sebelah barat terlalu dangkal.

Sangat disarankan bagi pengunjung wisata pantai Kedung Derus untuk lebih memilih dermaga disebelah barat, karena akan menikmati momen menyusuri sungai dengan waktu yang cukup lama, sementara jika menyebrang dari dermaga bagian timur hanya membutuhkan waktu yang sebentar, lantaraan jaraknya hanya 50 meter saja.

Masalah fasilitas jangan dikhawatirkan, meski tergolong destinasi wisata yang baru, namun Pantai Kedung Derus ini sudah mengutamakan kenyamanan para pengunjung. Seperti warung jajanan, balai santai, wahana hiburan, beberapa spot foto, kamar mandi dengan air bersih, musholla dan tersedia juga hammock bagi pengunjung yang ingin bergelantungan sambil menikmati sejuknya suasana pantai.

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here