Beranda Kabar Usaha UMKM Evaluasi Kegiatan JEKa, Pelaku UMKM Siap Naik Kelas

Evaluasi Kegiatan JEKa, Pelaku UMKM Siap Naik Kelas

0

JEMBER – Usai menggelar pameran di Lippo Mall selama 14 hari, dari 28 Oktober hingga 10 November 2019. Para pengurus komunitas UMKM yang tergabung dalam Jember Ekonomi Kreatif (JEKa) diskusi kecil membahas evaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan. Dari hasil pertemuan tersebut, disepakati konsep dan persiapan membahas beberapa even lanjutan pada bulan November hingga Desember mendatang.

“Diskusi ini, adalah kegiatan kita sebagai bentuk evaluasi dari even yang sudah dilakukan,” kata Ketua Komunitas JEKa Heri Purnomo disela kegiatan evaluasinya, Jumat (22/11/2019).

Dari beberapa kegiatan even kemarin, ada hal positif yang didapat, juga diakuinya masih ada yang kurang. “Tapi akan kami perbaiki pada even mendatang. Seperti halnya beberapa rekan kami yang berangkat ke Malang diwakili 5 orang untuk mengisi stan MJC Millenial Job Client dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Timur,” katanya.

Selain itu, pada even-even berikutnya, juga masih banyak dan tujuannya adalah semakin memotivasi sejauh mana hasil produk UMKM Jember lebih semakin dikenal masyarakat luas.

“Intinya bukan pada seringnya ikut pameran, tapi bagaimana produk-produk ini semakin dikenal masyarakat. Selanjutnya UMKM naik kelas, dan mendapat tempat yang terbaik untuk perekonomian Jember mendatang,” katanya.

Tak lupa terkait legalitas produk, Heri juga menyampaikan kepada para anggotanya, untuk selalu diutamakan. “Semua yang dilakukan oleh pelaku juga dilengkapi dengan legalitas produk, misal terkait izin PIRT, sertifikat halal dan sebagainya,” ujarnya.

Bagi yang belum paham bagaimana mengurus legalitas tersebut. “Seperti yang dilakukan seminggu lalu, kita arahkan ikut workshop dan penyuluhan sertifikasi PIRT,” pungkasnya ( jon/at )

Tinggalkan Komentar