Beranda Kabar Lainnya Dewan Pers Akan Memediasi Perusahaan Pers Yang Sudah Terverifikasi

Dewan Pers Akan Memediasi Perusahaan Pers Yang Sudah Terverifikasi

0

Media9.co.id, Lumajang – Bila ada sengketa pers, Dewan Pers akan memediasi perusahaan pers yang sudah terverifikasi. ” Tidak mau memenuhi kewajiban sebagai perusahaan pers, ya tidak apa apa, tapi ya jangan menuntut hak yang sama, dengan perusahaan pers yang sudah terverifikasi,” kata Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers, Dewan Pers Indonesia, Imam Wahyudi dalam acara Forum Group Discussion (FGD), yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Senin-Selasa (26-27/11) di aula salah satu hotel di Kota Lumajang.

Imam menjelaskan kepada seluruh peserta yang hadir, yang notabene adalah awak media yang bertugas di Kota Lumajang ini, bahwa pers itu diselenggarakan oleh perusahaan pers.

Sebelum didaftarkan, kata Imam, perusahaan pers itu harus berbadan hukum. Kemudian dilengkapi persyaratan perizinan lainnya, baru kata Imam didaftarkan ke Dewan Pers, agar nantinya bisa dilakukan verifikasi.

“Itulah sebabnya, perusahaan pers harus berbentuk PT karena bila berbentuk CV, bukanlah badan hukum namun badan usaha. Verifikasi administrasi oleh Dewan Pers, sebenarnya bukanlah hal yang sulit,” tambahnya. Setelah adanya verifikasi administrasi, ditegaskan Imam selanjutnya harus siap untuk diverifikasi secara faktual.

Sementara itu, kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Donny, mengatakan bahwa dalam FGD ini adalah terkait dengan penyusunan Peraturan Bupati ini agar nantinya bisa bekerja sama secara obyektif dan fair tahun 2019 mendatang.

“ Kominfo akan melakukan kerjasama dengan fair, obyektif, tidak ada faktor like or dislike,” janji Donny. Hari ini, FGD sudah selesai dan hasil draft Perbup akan disampaikan pada agenda FGD selanjutnya. (afu)

Tinggalkan Komentar