Beranda Teknologi Deteksi Kadar Yodium Pada Garam

Deteksi Kadar Yodium Pada Garam

0

Jember – Siapa sangka, garam beryodium yang banyak kita jumpai selama ini  ternyata banyak yang tidak mengandung yodium. Meski beberapa garam juga terdapat kandungan yodium normal. Guna membuktikan garam mengandung yodium atau tidak, mahasiswa Polije mendektsi dengan cara sederhana.

Mereka menggunakan buah gadung yang di haluskan kemudian di saring airnya, setelah itu  di beri cairan cuka yang dicampurkan ke garam beberapa sendok. Jika garam tetap berwarna seperti semula, dipastikan garam tersebut tidak mengandung yodium, karena seharusnya usai di lakukan pengetesan garam berwarna ungu pekat.

“ test cara sederhana ini sangat akurat dan 99 persen benar adanya,” pungkas Akbar Aliansyah, salah satu mahasiswa Polije yang mendeteksi kadar garam beryodium.

Dari uji coba yang di lakukan terhadap berbagai contoh garam baik halus maupun kasar berikut kemasan atau eceran, di harapkan dapat menjadi pegangan terutama ibu rumah tangga yang menginginkan putra putrinya menginginkan mengkonsumsi garam beryodium cukup . Cara ini bisa di coba di rumah.

Sementara itu Rindiani, Ketua Prodi Gizi Klinik Polije, diteksi ini sebagai jawaban atas beberapa keluhan masyarakat apakah memang garam yang di konsumsinya selama ini mengandung yodium atau tidak.

“, dengan mempraktekan sendiri di rumah di harapkan masyarakat akan tahu betul mana garam yang mengandung yodium dan mana yang tidak”, imbuhnya.

Sehingga cara ini diharapkan menjadi cara paling pas untuk dasar pijakan sederhana agar dalam pemenuhan  asupan yodium pada tubuh anak anak kita  terpenuhi dengan baik  guna untuk menghindari kemungkinan bahaya penyakit gondok atau penyakit lainnya karena kurangnya asupan yodium. (bbg).

 

 

 

Tinggalkan Komentar