Beranda Kabar Desa Desa Wisata Desa Aliyan Ajak Pemuda Millenial Gemar Moco Shalawat Dalam Festival Band Shalawat...

Desa Aliyan Ajak Pemuda Millenial Gemar Moco Shalawat Dalam Festival Band Shalawat dan Hadrah

0

ALIYAN – Tepat di malam ke-20 Ramadhan 1442 H, Desa Aliyan Kec. Rogojampi mengadakan Festival Band Shalawat dan Hadrah yang bertempat di Balai Desa Aliyan dan diikuti oleh seluruh pemuda desa. Kegiatan tersebut sengaja digagas oleh Pokdarwis Tawang Alun Desa Aliyan. Minggu, (2/5/21).

Kegiatan yang bertujuan untuk mengajak generasi millennial agar gemar membaca shalawat sekaligus nguri-nguri kesenian yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Dalam performa festival yang kali pertama digelar tersebut, alunan shalawat diiringi oleh musik tradisional dan modern nyatanya dikemas dengan apik dalam nuansa islami. Pasalnya, Desa Aliyan memang terkenal kental akan budaya dan musiknya, sehingga tak menutup kemungkinan bahwa kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana.

Festival Band Shalawat dan Hadrah ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Laskar Shalawat Nusantara, Abdul Azis dan dihadiri oleh seluruh masyarakat Desa Aliyan, Camat rogojampi, Ketua Laskar Shalawat Banyuwangi, dan anggota DPRD Banyuwangi, Ali Mustofa yang sekaligus sebagai Pembina Laskar Shalawat Banyuwangi.

Laskar Shalawat Nusantara ini sebagaimana disampaikan oleh deklator pertama, Gus Wawak yang merupakan organisasi untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam membumikan shalawat. Kegiatan diikuti oleh seluruh organisasi keagamaan, mulai NU, Muhammadiyah, hingga LDII.

Tak hanya festival saja, dalam acara tersebut juga menyediakan pasar jajanan takji. Hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat lantaran dapat memberikan peluang ekonomi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan positif bagi kita semua, khususnya bagi generasi muda yang nanti akan menampilkan shalawat dengan diiringi oleh berbagai macam aliran musik yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat agar gemar baca shalawat,” jelas Anton Sujarwo.

Kepala Desa Aliyan tersebut juga menambahkan, bahwa dirinya sangat bangga terhadap Pokdarwis yang sudah memberikan fasilitas untuk membumikan shalawat melalui kegiatan positif yang diminati oleh para pemuda.

“Tujuan dari festival ini untuk menampung bakat para pemuda Desa Aliyan. Tiap-tiap dusun sudah kami sediakan alat-alat musik lewat anggaran desa dan Alhamdulillah bermanfaat karena adik-adik selalu memanfaatkan fasilitas tersebut berupa pengadaan kegiatan positif, seperti kegiatan keagamaan saat ini,” tuturnya.

Harapan dari festival tersebut, kedepannya menjadi agenda rutinitas Desa Aliyan dan diminati oleh seluruh pemuda millennial di Banyuwangi. (AR)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here