Beranda Kabar Lainnya Demo Mahasiswa Tuntut Kedaulatan Pangan

Demo Mahasiswa Tuntut Kedaulatan Pangan

0

Jember – Hari Tani Nasional yang jatuh hari kemarin (24/9), di warnai aksi demo oleh puluhan  mahasiswa dari jurusan pertanian  berbagai perguruan tinggi di Jember. Mereka  menggelar aksi unjuk rasa di bundaran depan kantor DPRD Jember, menuntut kedaulatan pangan di tegakkan dan tolak import beras karena sejatinya Indonesia surplus beras.

Karena sejauh ini, menurut para pendemo Indonesia belum sepenuhnya melaksanakan kedaulatan pangan. Terbukti, import beras terus di lakukan, padahal Indonesia lumbung beras, hal ini tentunya dapat  mematikan kehidupan dan kesejahteraan petani.

Tak hanya itu, alih fungsi lahan saat ini juga makin merajalela hingga mempersempit lahan pertanian, pemerintah di minta menempatkan pertanian rakyat sebagai soko guru perekonomian indonesia dan membangun industri berbasis pertanian. Selain menerikaan yel yel dukung petani,  para pendemo juga membawa poster yang isinya mengutuk keras kagiatan import beras.

“ kondisi petani saat ini semakin tidak menentu, hasil pertanian yang melimpah ternyata tidak di imbangi oleh harga gabah yang layak, bahkan justru pemerintah melakukak kebijakan import beras yang tidak berpihak kepada petani,” pungkas Sholeh, korlap aksi.

Demo kali ini dijaga ketat aparat Kepolisian Resort Jember, karena demo tersebut membuat arus lalu lintas di sekitar kantor dprd jember sempat terjadi kemacetan.

Pendemo juga menempelkan poster di depan kantor DPRD Jember yang isinya meminta pemimpin negeri ini merealisasikan kedaulatan pangan untuk rakyat. (bbg)

Tinggalkan Komentar