Beranda Kabar Terkini Cobalah Konsumsi Asupan Makanan & Vitamin Di Bawah Ini Saat Darurat Covid-19

Cobalah Konsumsi Asupan Makanan & Vitamin Di Bawah Ini Saat Darurat Covid-19

0
foto : Sajiansedap-Grid.id

BANYUWANGI – Tak disangka, di saat memasuki awal Bulan Juli 2021 kali ini ternyata kasus Covid-19 masih belum usai. Pasalnya, disebabkan oleh beberapa faktor di tengah masyarakat. Apalagi bertambahnya varian dari Covid-19, semakin membuat kita harus lebih berhati-hati dan patuh terhadap protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Merebaknya Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Banyuwangi, Jawa Timur membuat pemerintah memutuskan bahwa kondisi penyebaran Covid-19 naik status menjadi darurat. Akhirnya pemerintah berupaya dengan menegakkan perlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai 22 Juni- 5 Juli 2021. Tujuannya, untuk mengendalikan penularan virus.

Bagi masyarakat yang sudah terpapar virus Covid-19 ini, sangat penting sekali melakukan tindakan individu yang berperan vital, seperti menjaga imun tubuh dan sugesti yang baik tentunya.

Pasalnya, tak hanya asupan saja yang dapat memulihkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, sugesti dan pikiran positif turut mempengaruhi.

Ada banyak cara untuk memperbaiki kondisi tubuh agar pulih dari paparan virus ini. Mulai dari, pengurangan aktivitas (bedrest), sering berolahraga dan caring, melakukan terapi pengobatan herbal maupun non herbal (sesuai anjuran dokter), dan menjaga pola asupan makanan yang masuk.

Bagi pasien terinveksi virus Covid-19, berikut adalah beberapa referensi asupan makanan dan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh yang sudah terpapar Covid-19.

1. Konsumsi functional food yang mengandung antioksidan, fitofenol, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan membawa manfaat kesehatan, seperti:

a. Buah dan Sayur : Buah kiwi, apel, jeruk, pisang, bawang putih, sayur brokoli, kembang kol, kangkung, hingga bayam
b. Rempah-rempah : Jahe, kunyit, temulawak.
c. Kacang-kacangan : Almond, mete, buncis, kacang hitam.
d. Biji-bijian : Gandum dan beras merah.
e. Makanan laut : Ikan salmon, sarden, mackerel.
f. Makanan fermentasi: Tempe, kombucha, dan kimchi.
g. Minuman: Air mineral, kopi, teh hijau, teh hitam, dan Jus.

2. Konsumsi vitamin yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan vitamin D.

a. Vitamin C : Mengutip Kompas.com, Jumat, (2/7/2021), Sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi : Buah jeruk, bayam, stroberi, dan pepaya.

b. Vitamin E : Vitamin E merupakan antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan penyakit.

c. Vitamin A : untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Terdapat dua bentuk vitamin A, yaitu preformed vitamin A, seperti ikan tuna, daging, dan susu.
Sedangkan provitamin A, seperti wortel, ubi, labu, melon, dan sayuran berwarna hijau tua.

d. Vitamin D : Lebih baik lengkapi konsumsi vitamin D untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan berjemur di bawah sinar matahari dan dimaksimalkan mengonsumsi berbagai ikan laut. Selain itu, susu juga mengandung vitamin D.

Itulah paparan daftar asupan makanan dan vitamin yang dapat dikonsumsi ketika sedang memulihkan kondisi tubuh yang terpapar virus Covid-19. Jumat, (02/07/21).

(AnnisaR)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here