Beranda Kabar Wisata Budaya Bupati Banyuwangi Lantik Hasan Basri Sebagai Ketua DKB Masa Bakti 2018-2023

Bupati Banyuwangi Lantik Hasan Basri Sebagai Ketua DKB Masa Bakti 2018-2023

0
Gambar : Bupati Banyuwangi Lantik Hasan Basri Sebagai Ketua DKB Banyuwangi Masa Bakti 2018-2023

Banyuwangi – Setelah menggelar Musawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) untuk menetapkan dan mengongkohkan Hasan Basri sebagai ketua DKB yang baru beberapa waktu yang lalu, hari ini Dewan Pertimbangan DKB dan Pengurus DKB menerima Surat Keputusan (SK) dan pelaksanaan pembentukan Dewan Kesenian Blambangan (DKB) oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (14/10).

Pelaksanaan pelantikan atau pembentukan DKB, dengan masa bakti 2018-2023 digelar di Pendopo Shaba Swagata Blambangan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh anggota dan pengurus DKB yang mengenakan pakaian adat Banyuwangi dilengkapi udeng untuk laki-laki dan penggunaan syal bagi hadirin perempuan.

Sebelumnya, Hasan Basri menjabat sebagai Wakil Ketua DKB. Saat pengunduran diri dr. Taufiq Hidayat, sempat sebagai Plt Ketua DKB. Namun setelah dilaksanakannya Musdalub, dan hari ini, Hasan Basri resmi ditetapkan sebagai Ketua DKB yang siap melanjutkan program kerja 3 tahun ke depan, hingga 2023 atau habisnya masa bakti kepengurusan. Dan untuk mengisi kelengkapan kepengurusan, Hasan Basri menunjuk Tim formatur beranggotakan 5 orang, yaitu Sumitro Hadi, Nanik Asiani, Hasan Basri, Choliqul Ridha dan H. Bambang Lukito.

Ketua DKB Hasan Basri menyampaikan dalam sambutannya, DKB Banyuwangi akan terus memperkokoh jati diri Kabupaten Banyuwangi dengan berbagai budaya dan kearifan lokalnya.

“Ketika nilai-nilai kearifan lokal kita adalah kesenian dan kebudayaan Banyuwangi, maka semakin kokohlah, dasar atau pondasi dan filosofi-filosofi yang kita jadikan sebagai nilai-nilai kearifan lokal atau budaya kita sebagai masyarakat Kabupaten Banyuwangi.” Kata Hasan Basri

Gambar : Bupati Banyuwangi Lantik Hasan Basri Sebagai Ketua DKB Banyuwangi Masa Bakti 2018-2023

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan, pihaknya telah memberikan otoritas yang utuh kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi untuk merumuskan dalam setiap event, baik skala Nasional maupun Internasional.

“Saya tidak pernah menentukan versi, seluruhnya saya serahkan kepada Dinas Pariwisata, kemudian dari Dinas Pariwisata memberikan ruang kepada DKB, mulai dari tema sampai tampilan yang akan ditentukan dalam setiap event-event yang ada di Banyuwangi. Oleh karena itu, sering saya katakan, seniman adalah suatu oase yang harus dibebaskan dari pengaruh-pengaruh yang lain.” Tutup Anas (*)

gambar : Bupati Banyuwangi Lantik Hasan Basri Sebagai Ketua DKB Banyuwangi Masa Bakti 2018-2023
- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here