Beranda Kabar Desa BUMDes Yang Jelas Arahnya, Akan Bantu Percepatan Perekonomian Desa

BUMDes Yang Jelas Arahnya, Akan Bantu Percepatan Perekonomian Desa

0
Foto : Ketua Kelompok UMKM Mitra Nusa, Achmad Fuad Afdlol

LUMAJANG – Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) akan jelas bentuk dan arahnya, jika BUMDes tersebut mampu menyajikan informasi tentang dirinya, baik di bidang kinerja (performa) maupun di bidang keuangan dengan rasio-rasionya.

Menurut seorang Penggiat UMKM Lumajang, Achmad Fuad Afdlol, langkah pertama yang dilakukan adalah mempunyai data umum tentang desa, yang menggambarkan tentang kondisi desa. Kemudian data umum BUMDes yang menyajikan tentang kondisi atau gambaran BUMDes. Yang ketiga, yaitu adalah aspek hukum pendirian BUMDes, untuk menunjukan bahwa BUMDes legal dan sesuai dengan peraturan perundang undangan. Saat ini menurut Menteri Desa BUMDes sudah merupakan Badan Hukum.

Yang keempat, bisa mengenali potensi desanya sendiri, yang menggambarkan potensi ekonomi desa setempat. Selanjutnya menyusun struktur organisasi dan kepengurusan BUMDes. Berikutnya menentukan jenis dan usaha BUMDes dan struktur permodalan BUMDes.

“Yang kedelapan adalan menentukan besarnya omzet BUMDes, dan menentukan sistem Pembagian Hasil Usaha nantinya,” ungkap Ketua Kelompok UMKM Mitra Nusa ini.

Dikatakan Fuad, langkah selanjutnya yaitu harus memahami kendala-kendala yang dihadapi oleh BUMDes nantinya. Yang kesebelas adalah kontribusi BUMDes terhadap Indeks Desa Membangun ( IDM ). Yang keduabelas adalah analisa kesehatan keuangan BUMDes terhadap rasio-rasio keuangannya dan yang terakhir adalah lampiran laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laba rugi dan perubahan modal.

“BUMDes ini sebagai solusi perekonomian desa, maka dari itu dalam IDM itu sebagai ukuran atau indikator pembangunan desa. Disini terdapat tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial ( IKS ), Indeks Ketahanan Lingkungan ( IKL ) dan Indeks Ketahanan Ekonomi ( IKE ). Maka selain program program pemerintah dalam membangun Ketahanan Ekonomi yang diukur dalam IKE nya. BUMDes bisa menjadi sebagai media mempercepat pembangunan ketahanan ekonomi,” terang pria berkaca mata ini.

Untuk mempercepat pembangunan ekonomi di desa, menurut Sekretaris Koperasi Mitra Nusa Mandiri ini, BUMDes bisa menjadi holding diantara Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di desa juga Koperasi. BUMDes memberikan dukungan pemasaran dari seluruh usaha di desa, baik di bidang Jasa maupun produk atau mengolah sumberdaya di desa menjadi bertambah nilai ( manfaat / produk ) untuk memenuhi kebutuhan desa, menyelesaikan masalah desa maupun di luar desa untuk ekspansi usahanya.
“Dalam hal ini BUMDes harus memiliki sistem pemasaran yang bagus untuk menjadi pemasar atau makelar dari seluruh usaha baik barang maupun jasa di desa,” bebernya lagi.

Sumber penghasilan atau revenue stream desa, kata Fuad adalah mendapatkan laba atau pay out ( bagian ) yang diberikan oleh pelaku usaha di desa. Dan tugas holding ekonomi desa, adalah membangun sistem pemasaran. Baik pemasaran di dalam desa, di luar desa, pemasaran kepada pasar industri maupun pemasaran kepada pasar pemerintah.

“Dengan membangun sistem pemasaran tersebut BUMDes dapat melihat ke dalam potensi atau produk apa yang bisa dijual atau melayani pasar yang telah menjadi mitra BUMdes,” ungkapnya.

Memahami potensi produk, baik jasa maupun barang di desa dan menjembatani pemasaran kepada pasar langsung ( konsumen ) pasar Industri dan Pasar Pemerintah, hal ini merupakan sistem usaha yang tidak membutuhkan banyak modal dan tenaga.

“Hanya butuh membangun platform ekonomi pemasaran desa saja,” tambahnya.

Kata Fuad, sebagai contoh pasar Industri adalah, apabila di desa ada yang menaman daun salam, maka BUMDes dapat menjembatani kepada perusahaan yang membutuhkan daun salam untuk bumbu di perusahaan pembuat bumbu. Jika di desa ada masyarakat yang menyediakan benih bawang merah, maka BUMDes bisa menjembatani ke pasar Pemerintah, sebagai contoh Dinas Pertanian di seluruh Indonesia yang membutuhkan benih bawang merah.

Untuk membangun system pemasaran desa, PT Media Bergerak Nusantara melalui mitranusa.com, PT Hoki Media Sembilan melalui media9.co.id dan Kelompok UMKM Mitra Nusa melalui Koperasi Mitra Nusa Mandiri, siap membantu desa-desa untuk memberikan pelatihan dan mendukung aplikasinya.

“Dengan membangun sistem ekonomi desa, maka akan memudahkan BUMDes bekerja tanpa ketergantungan modal penyertaan dari desa dan mampu membukukan laba serta membantu usaha mikro, kecil dan menengah di desa serta koperasi-koperasinya,” pungkasnya. (*tim)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here