Beranda Kabar Wisata Buah Kenitu, Buah Lumajang Festival Khas Indonesia

Buah Kenitu, Buah Lumajang Festival Khas Indonesia

0

LUMAJANG – Buah khas Indonesia yang memiliki rasa daging manis, yaitu buah kenitu. Masyarakat Lumajang biasa menyebut buah ini dengan sebutan buah manecu. Beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang merupakan penghasil manecu dengan kualitas yang luar biasa, diantaranya Kecamatan Klakah, Ranuyoso, Randuagung dan Kedung Jajang.

Tahun lalu, tepatnya tahun 2019, Buah Manecu wilayah utara Lumajang itu sempat dikenalkan melalui Festival Manecu Na Dejeh. Namun, tahun ini akibat Pandemi Covid-19 festival tersebut batal diselenggarakan.

Setiap bulan September – Oktober, jalanan utara wilayah Lumajang selalu dibanjiri para penjual buah dengan nama Indonesia Sawo Duren atau Sawo Apel tersebut. Saat musim panen, masyarakat yang ingin membeli Manecu bisa menemukan hampir disepanjang jalur Lumajang – Probolinggo.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati yang sengaja datang ke Kecamatan Klakah untuk membeli buah manecu mengatakan, meskipun buah manecu bukan merupakan buah khas Lumajang, namun dirinya yakin salah satu daerah penghasil buah manecu adalah Kabupaten Lumajang.

“Disini memang tempatnya buah Kenitu, saya tidak tahu buah ini tumbuh di daerah mana, tapi yang saya tahu Lumajang adalah tempatnya,” terangnya.

Soal harga, buah ini bukan tergolong buah yang mahal. Harganya sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Namun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir, karena dengan harga yang relatif murah bisa mendapatkan buah yang organik tanpa menggunakan bahan kimia ataupun pestisida.

“Dengan harga yang murah, bisa mendapatkan buah kenitu, pastinya tanpa pestisida, ini buah lokal yang organik betul,” pungkasnya. (adv) tik/afu

Gambar : Wabup saat mengecek buah manecu
- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here