Beranda Liputan Khusus Imlek Bersih – Bersih Patung Jelang Imlek

Bersih – Bersih Patung Jelang Imlek

0

Media9, Jember – Sepekan jelang Imlek, masyarakat Tionghua di Jember mulai bersih bersih patung di tempat persembahyangan umat Tionghua. Salah satu tempat peribadatan yang kini mulai dibersihkan adalah Klenteng Yen Man di kecamatan Kaliwates Jember. Selain membersihkan patung, juga mengganti jhosua dan membersihkan guci di meja persembahyangan.

Kegiatan ini dilakukan sejak pagi hingga jelang sore hari. Para warga Tionghua  membersihkan seluruh klenteng dengan lap putih  dan alat pembersih guci tempat menyalakan jhosua.

Tak hanya patung ukuran kecil, patung ukuran besar juga di bersihkan agar saat Imlek nanti seluruh patung terlihat baik dan tidak kotor. Bersih – bersih ini juga mengandung makna pembersihan diri , pikiran , ucapan dan perbuatan.

sehingga saat tiba perayaan Tahun Baru Imlek 2570,  seluruh warga Tionghua dapat menjalankan ritual rohani dengan sempurna.

“ Pada  Imlek tahun warga Tionghua berharap diberi kedamaian, ketentraman, kelancaran usaha dan tidak ada konflik di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Tomi, warga Tionghua.

Indonesia ke depan juga menjadi negara yang adil, makmur berikut terciptanya persatuan dan kesatuan di segenap warga bangsa meski berbeda suku, agama, budaya dan etnis.

Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 5 Pebruari 2019, dimana masyarakat tionghua di Jember telah mempersiapkan diri dengan berbagai pernak pernik Imlek seperti lampion, baju Imlek, angpao dan kesenian barongsai.(bbg)

Tinggalkan Komentar