Beranda Kabar Desa Desa Wisata Bersiap Jadi Destinasi Wisata Desa, Desa Kluncing Siap Kembangkan ‘Kampung Ikan’

Bersiap Jadi Destinasi Wisata Desa, Desa Kluncing Siap Kembangkan ‘Kampung Ikan’

0

Banyuwangi – Memiliki banyak potensi namun belum banyak dilirik, Desa Kluncing, Kecamatan Licin, mulai berbenah diri. Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Kluncing, Sumawi, yang baru beberapa bulan dipercaya masyarakat Kluncing sebagai Kepala Desa. “Semua potensi yang ada akan kita maksimalkan. Bersama masyarakat, kami optimis Desa Kluncing bisa menjadi lebih baik lagi,” kata Kades Sumawi, kepada Media9.

Sebagai langkah awal, kata Sumawi, saat ini mulai digalakkan program budidaya ikan air tawar dengan memanfaatkan aliran sungai yang ada. Salah satunya berlokasi di depan Balai Desa, yang beberapa waktu lalu ditinjau langsung oleh Bupati Abdullah Azwar Anas.

“Budidaya ikan ini dinilai memungkinkan untuk dikembangkan. Selain sebagai potensi ekonomi, usaha budidaya seperti ini juga berpotensi sebagai atraksi wisata tersendiri. Atas dasar itulah, Pak Anas mendorong kami untuk bisa menjadi destinasi wisata desa. Dan kami beserta seluruh warga Desa Kluncing siap mewujudkannya,” ungkapnya optimis.

Selain memanfaatkan aliran sungai, kata Sumawi, dia akan mendorong masyarakat untuk juga melakukan budidaya dengan sistem ‘Mina Padi’. “Sistem mina-padi, yaitu menebar benih ikan diantara tanaman padi di sawah. Sistem ini dulu pernah populer, tapi sekarang sudah tidak ada yang menggunakan. Padahal sistem ini juga sangat efektif untuk budidaya ikan. Dan kami akan terus mendorong warga Desa Kluncing untuk mulai menerapkan sistem ini,” kata Kades Sumawi. (b)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here