Beranda Kabar Desa Kabar Tani Berkah Pemilik Kebun Durian Di Banyuwangi

Berkah Pemilik Kebun Durian Di Banyuwangi

0

Banyuwangi – ditengah musim corona yang menjadi perhatian dari seluruh negara di belahan dunia, ada rezeki yang tak disangka-sangka dari para pemilik kebun durian dan rambutan di Banyuwangi.

Berkah datangnya musim durian dan rambutan ditengah wabah Covid-19 ini, kini dirasakan oleh Lukman Hakim (25), pemilik kebun durian seluas kurang lebih 1 hektar, di Dusun Jambean Desa Jambesari.

Lukman Hakim menyampaikan jika saat ini memang sedang mengalami dua musim buah di Banyuwangi, yaitu buah durian dan buah rambutan.

“Saya tidak menyangka kalau dua musim buah rambutan dan durian ini datang secara bersamaan, di musim seperti sekarang ini memang keberuntungan bagi para pemilik pohon durian seperti saya ini.” Ungkapnya sambil tertawa bahagia.

Selain itu di lahan perkebunannya, lukman juga mengaku, saat ini memiliki 25 pohon durian dan kurang lebih 8 – 10 pohoh rambutan, dari semua pohon durian dan rambutan miliknya, saat ini berbuah semua. Benar-benar rejeki nomplok bagi Lukman Hakim.

Menurut lukman satu pohon durian miliknya bisa berbuah antara 80-100 buah. “Kalau untuk jumlah buahnya, rata-rata pohon durian yang ada di sini, termasuk milik warga yang lainnya, itu tidak mesti, kisaran 80-100 buah per pohon, dengan jenis duria lokal.” Tuturnya.

Sedangkan untuk menjual, dirinya mengutamakan para pedagang-pedagang lokal sebagai pengepul, untuk dijual di daerah kota. Lukman biasa memberi harga 20 – 25 ribu, tergantung dari besar kecilnya.

“Kalau untuk buah rambutannya saya jual per ikat, 5 ribu per ikatnya, dan itu biasanya yang ngambil warung-warung kecil disini” tutupnya.

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar