Beranda Kabar Desa Berharap Pandemi Segera Mereda, Masyarakat Adat Gelar Ritual ‘Tolak-balak’

Berharap Pandemi Segera Mereda, Masyarakat Adat Gelar Ritual ‘Tolak-balak’

0

Banyuwangi – Pandemi Covid-19 terus memakan korban jiwa. Menghadapi kondisi tersebut, selain percaya penuh kepada tim medis yang berada di garda depan serta mengikuti anjuran pemerintah untuk pembatasan sosial, masyarakat adat Desa Kemiren juga berupaya melakukan ikhtiar dengan menggelar ritual adat ‘Ider Bumi’ sebagai ‘Tolak-balak’.

Meski agak aneh, ritual adat ‘Ider Bumi’ pun tetap digelar demi ‘mengusir si Covid-19’ yang masih terus merajalela. Ritual yang digelar Minggu (19/4) malam mulai pukul 22.00 wib ini terlihat aneh karena masyarakat tidak diperkenankan ikut dalam arak-arakan. Masyarakat hanya boleh menonton dari teras rumah masing-masing. Sedang kan yang jalan berkeliling desa Hanya rombongan ‘Barong’ dan para pengiringnya yang berjumlah 12 orang.

Tokoh adat Kemiren, Senari, menjelaskan, ritual tersebut harus tetap dilaksanakan sesuai keinginan masyarakat, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. “Selama keliling ider bumi, para pengiring Barongnya juga harus menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. Dan setelah selesai keliling desa, harus langsung bubar kerumah masing-masing,” jelas Senari. (b)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here