Beranda Kabar Lainnya Berburu Ikan Mabuk

Berburu Ikan Mabuk

0

Jember – Tak seperti biasanya ratusan warga di bantaran sungai Bedadung Jember tetapnya di kecamatan Kaliwates berkerumun di sungai Bedadung. Kerumunan warga ini bukan tanpa alasan, pasalnya usai hujan pertama hingga menyebabkan sungai banjir mereka justru berbondong bondong mencari ikan mabuk.

Tradisi berburu ikan mabuk ini selalu di lakukan warga karena biasanya jika air sungai banjir ikan pada ke pinggir karena mabuk lantaran banyaknya sampah dan air yang berwarna hitam.

Bagi warga setempat hal ini merupakan berkah. Untuk berburu ikan mabuk, warga membawa peralatan menangkap ikan seperti jaring, wadah plastik bahkan ada yang hanya menangkap ikan dengan tangan kosong.

“saat ikan mabuk kita sangat mudah menangkapnya, meski tidak menggunakan alat ikan dapat ditangkap dengan tangan,”pungkas hari,salah satu warga Kaliwates.

Beberapa jenis ikan memang berhasil ditangkap  warga, seperti wader, nila, mujaher dan ikan putihan.

Ikan hasil tangkapan biasanya dimasak untuk dimakan bersama keluarga dan sisanya dijual. Tak jarang satu orang biasanya mendapat satu kilo lebih ikan air tawar itu. (bbg)

 

 

Tinggalkan Komentar