Beranda Kabar Wisata Beji Anantha Boga Wisata Religi di Hutan Pinus

Beji Anantha Boga Wisata Religi di Hutan Pinus

0

Banyuwangi – Gemericik air pancuran di tingkah cericit burung, serta desau angin dan kecipak air yang mengalir tenang di sungai kecil yang membelah kawasan, seakan menyuguhkan simphony alam yang selaras dan damai. Suasana alam yang melingkup area wisata religi ‘Beji Anantha Boga’ itu seakan melengkapi proses ‘pelukatan’ (pembersihan diri) yang tengah dilakukan beberapa warga Hindu yang datang dari Bali, sebelum melakukan persembahyangan di Pura Beji Anantha Boga.

Sementara, tidak jauh dari Pura Beji Anantha Boga, sebuah Mushola yang dilengkapi dengan tempat wudhu’, berdiri dipinggir sebuah sungai kecil. Dan tidak jauh dari dua sarana peribadatan itu, juga berdiri sebuah Patung Yesus sebagai lokasi peribadatan bagi pemeluk Katholik.

Menurut Kadek Karyana, salah seorang pengelola kawasan wisata yang berlokasi di Hutan Pinus milik Perhutani Banyuwangi Barat di Dusun Gunungsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, area seluas 1,5 hektar itu mulai ditata dan dilengkapi dengan sarana peribadatan untuk pemeluk Agama Hindu, Katholik, Khong Hu Tsu dan Islam, sejak tahun 2010. “Awalnya tempat ini ditemukan oleh seorang pertapa yang kemudian mendirikan sebuah Pura disini. Sang Pertapa kemudian mendapat petunjuk agar juga mendirikan sarana peribadatan untuk para pemeluk Agama lain disini. Mulai saat itu, semakin lama semakin banyak orang yang datang ke tempat ini untuk beribadah,” ungkap Kadek.

Sebagaimana tertera di Buku tamu, pengunjung area wisata religi itu berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan juga dari Papua. “Mereka menemukan tempat ini dengan cara googling,” kata Kadek, yang mengaku akan mengabdikan diri di tempat itu hingga akhir hayatnya nanti. (b)

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar