Beranda Politik & Pemerintahan Batik Lumajang On The Street 2019 Digelar Untuk Kenalkan Batik

Batik Lumajang On The Street 2019 Digelar Untuk Kenalkan Batik

0
penari pembuka event Balos 2019

LUMAJANG – Sore ini dalam upaya mengenalkan batik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang,  Jawa Timur, gelar acara Batik Lumajang On The Street (Balos) 2019.

Rute Balos 2019, tidak beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dimulai dari depan Pendopo Arya Wiraraja dan finish di depan SDN Tompokersan 01 Lumajang jalan Basuki Rahmat. Acara di mulai sejak pukul 13.00 sampai dengan selesai.

Ini tidak lain, menurut Wakil Bupati (Wabup) Lumajang, Indah Amperawati, adalah untuk memacu kreativitas masyarakat Lumajang.

“Kalau untuk event Balos anak-anak, tujuannya untuk mengenalkan batik sebagai warisan budaya dan produk asli Indonesia,” kata Wabup saat dimintai keterangan oleh awak media ini.

Dikatakan Bunda Indah, panggilan akrab Wabup Lumajang ini, yaitu pengenalan sejak dini, batik kepada anak-anak khususnya batik Lumajang, sangat bagus demi melastarikan warisan bangsa ini.

Balos 2019 ini dibuka dengan tarian kreasi Ole Ola, karya Ibnu Irwansyah.Dari informasi yang diperoleh awak media, event Balos 2019 ini, ada 5 katagori, yaitu PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, OPD/Umum/Instansi.

“Bahan yang dilombakan adalah 50 persen batik asli Lumajang bagi peserta asli Kabupaten Lumajang, sedangkan untuk peserta dari luar Kabupaten Lumajang, mengenalkan batik dari daerah asal mereka sendiri,” ungkap salah satu Juri Balos 2019, Indi Wulandari.

Selain itu, disampaikan Indi, selain bahan, ada juga penilaian terkait dengan kreativitas, keindahan busana dan performance. Sampai dengan berita ini ditayangkan, event Balos 2019 masih berlangsung katagori PAUD/TK dan SD/MI. (lung/afu)

Tinggalkan Komentar