Beranda Kabar Usaha Keuangan Bank Indonesia Siapkan 4,1 Trilyun Untuk Kebutuhan Natal Dan Tahun Baru

Bank Indonesia Siapkan 4,1 Trilyun Untuk Kebutuhan Natal Dan Tahun Baru

0

Media9.co.id, Jember – Bank Indonesia Jember menyiapkan  4,1 trilyun untuk kebutuhan masyarakat merayakan Natal dan Tahun Baru. Selain itu, juga menerima layanan tukar uang lama atau rusak hingga akhir tahun 2018.

Nilai tersebut naik 78 persen ketimbang tahun lalu, karena beberapa faktor seperti menjamurnya retail, pengembangan atm di berbagai wilayah,pencairan dana desa, dan permintaan uang masyarakat dalam rayakan Natal dan Tahun Baru cukup tinggi.

Badan Usaha milik negara  ini juga menerima tukar uang lama dengan nilai nominal Rp100.000,-  emisi tahun 1999,  Rp 50.000,- ribu  emisi 1999, Rp 20.000,- emisi 1998,  dan Rp 10.000,-  emisi 1998.

Penukaran uang lama tersebut berakhir pada tahun 2018 ini, dan hanya bisa di tukarkan di Bank Indonesia. Pada awal 2019,  uang lama yang belum di tukarkan dengan yang baru oleh masyarakat tidak bisa lagi di layani .

Karena sebelumnya memang sudah diberikan  jedah 10 tahun untuk menukarkan uang lama tersebut. Hingga berakhirnya masa penukaran uang lama,  antusias warga untuk menukarkan uang lama atau rusak di Bank Indonesia Jember cukup tinggi.

“ agar tidak kadaluarsa, saya hari ini menukarkan uang lama dan rusak yang masih tersimpan di rumah  dengan di tukar  keluaran baru , agar dapat di gunakan transaksi jual beli, “ tutur hafiz seorang nasabah Bank Indonesia Jember.

Sementara itu Febriana, Kepala sistem pembayaran pengelolaan pelayanan rupiah dan pelayanan administrasi Bank Indonesia Jember, membenarkan jika saat ini BI menyiapkan hingga triliunan  rupiah untuk kebutahan Natal dan Tahun Baru bagi masyarakat Jember,Bondowoso,Lumajang,Situbondo dan Banyuwangi.

“ jika masih ada warga yang menyimpan uang lama saya berharap agar segera di tukarkan dengan yang baru ke BI,karena jika sudah lewat waktu BI tidak bakal menerika penukaran itu,” paparnya. (bbg) 

Tinggalkan Komentar