Beranda Kabar Lainnya Banjir Genangi Jalan Dan Pemukiman Warga

Banjir Genangi Jalan Dan Pemukiman Warga

0

Media9.co.id, Jember – Hujan yang mengguyur kawasan Kecamatan Sumberbaru Jember, menyebabkan saluran air sungai meluap hingga menutupi jalan, persawahan dan perumahan warga. Setidaknya belasan hektar sawah berikut puluhan rumah warga tergenang air banjir.

Areal persawahan warga yang tergenang  banjir cukup parah di desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbaru Jember. Air banjir menutupi sekurangnya15 hektar sawah. Akibatnya, lahan padi yang sudah berusia 3 bulan di pastikan gagal panen.

Beberapa warga memanfaatkan genangan air di sawah yang mirip sungai itupun dengan menjala ikan. Berbagai macam ikan air tawar berhasil di tangkap warga untuk tambahan lauk pauk di rumahnya.

Tak hanya persawahan, genangan air juga menutupi jalan desa berikut perumahan warga setempat. Genangan air setinggi lutut orang dewasa,  membuat arus jalan desa terganggu. Warga  terhambat untuk beraktifitas karena beberapa titik jalan tergenang air.

“ Kondisi ini sudah menjadi tradisi tahunan, karena memang wilayah Desa Sumberagung berada di dataran rendah, sehingga setiap kali hujan deras di kawasan itu, dipastikan Desa Sumberagung menerima kiriman air dari kawasan desa di area lereng Gunung Argopuro, dan dampaknya air  menggenangi beberapa rumah jalan dan persawahan,”papar Bagus, warga setempat.

Meski demikian, tak ada korban jiwa dari kejadian banjir tersebut, karena warga telah terbiasa  mengantisipasi datangnya banjir, dengan   membersihkan rumahnya berikut menutup celah  aliran air agar tidak masuk ke  rumah rumah warga dengan sangat deras.

Kerugian akibat banjir tersebut di perkirakan mencapai jutaan rupiah,terparah karena para petani tak dapat memanen padinya karena genangan banjir.(bbg)

 

 

Tinggalkan Komentar