Beranda Kabar Usaha Inspirasi Awal Diremehkan Dan Saat Ini Menjadi Penguasa Pasar

Awal Diremehkan Dan Saat Ini Menjadi Penguasa Pasar

0

Jember, – Banyak perusahaan yang menjadi besar, melegenda, dan bahkan bertahan ratusan tahun. Tak jarang, mereka  memulai dari ruangan sempit atau sekedar memakai tempat seadanya. Ada yang dari garasi rumah, kamar kos hingga emperan jalan. Bisa jadi, mereka bahkan tak pernah menyangka akan berjalan sedimikian hebat. Atau, bisa jadi, mereka memang tak pernah memerdulikan akan seberapa hebat usahanya. Yang penting, usaha dan terus bekerja. Yang ada dipikiran mereka hanyalah bagaimana memaksimalkan dan mengisi waktu untuk hidup dan mampu terus berkarya.

Kita bisa bayangkan, bila cacian dan ungkapan bernada remeh di tanggapi negatif oleh pencipta Teh Sosro. Minuman teh yang di kemas dalam botol bisa jadi tak akan sebesar sekarang. Namun, dengan terus berkarya, bekerja dan berupaya, akhirnya Sosro kini menjadi perusahaan minuman teh dalam kemasan botol yang terbesar.

Lihat pula bagaimana grup Wings yang di cap sebagai followers.Tidak seperti usaha lain yang selalu mengedepankan inovasi, banyak produk wings yang memang muncul belakangan, setelah produk merek lain sukses di pasaran. Tapi, mereka bergeming dengan sebutan itu. Bahkan, mereka berhasil membuktikan, bahwa tidak selamanya menjadi follower adalah seorang looser. mereka berhasil membuktikan, dengan memulai ”mencontoh” produk yang telah sukses  ̶  tentu dengan pengembangan yang lebih punya nilai jual  ̶  Wings banyak mendulang kesuksesan. Kini, ucapan dengan nada mencemooh itu telah berubah menjadi ungkapan salut dengan menyebut perusahaan yang bermarkas di Jawa Timur ini sebagai follower paling sukses.

Mereka-mereka yang pantang mendengar cemoohan orang, bahkan maju terus dengan konsep yang diusung inilah yang menurut saya adalah orang-orang hebat yang mampu menjelma menjadi yang terbaik. Mereka mematahkan omongan orang dengan bertindak cekatan, cepat, tangkas, dan segera. Kata “segera” inilah yang menurut saya mengandung kekuatan yang amat dalam. Sebab, di dalamnya mengandung tindakan yang bukan sekadar berteori. Bahkan tak jarang mengesampingkan hitungan-hitungan angka di atas kertas. Di sinilah naluri pebisnis diuji.

Kata “segera” mengingatkan saya pada sebuah ungkapan dalam bahasa Tiongkok yaitu xiánzái shì kāishǐ de zuì jiā shíjī yang arti harfiahnya adalah saat yang terbaik untuk memulai adalah hari ini. Kalimat ini mengandung pengertian bahwa untuk meraih sukses dalam usaha, tak ada waktu yang terbaik kecuali segera memulai. Boleh saja orang mencemooh dan membandingkan kita dengan usaha lain yang telah sukses. Tapi, dengan kita mau terus tekun dan bergerak maju mewujudkan segala asa, pasti ada banyak hal bisa kita dapatkan.

Inilah salah satu bentuk inovasi follower yang terbukti bisa memperoleh sukses luar biasa. Mereka tidak berpangku tangan. Mereka tidak berdiam diri. Namun, mereka “memperbaiki” kekurangan yang tidak dimiliki BBM. Sehingga, dengan cara itulah, Whatsapp kini banyak di-install di banyak gadget agar bisa saling terhubung dengan cepat dan mudah. Inilah langkah “saat ini” sebagai respons terhadap kebutuhan yang mungkin timbul dari masyarakat pengguna alat telekomunikasi yang makin canggih setiap hari.

Begitulah, kita memang tak selalu bisa menjadi yang pertama. Namun, kita bisa menjadi yang terbaik dan yang punya renspons tercepat dengan melakukan semuanya SEGERA. Dengan mewujudkan peluang dan kesempatan menjadi  tindakan, kita akan menemukan banyak hal yang bisa kita garap dan maksimalkan. Dan, jika kita tekuni dan mau kita terus kembangkan, niscaya suatu saat kita pun bisa menjadi pohon yang ditanam 20 tahun alias telah menjadi yang terdepan dalam mewujudkan keberhasilan usaha. ( luarbiasa/andre w )

Tinggalkan Komentar