Beranda Teknologi Aturan IMEI Telah Disahkan, Ponsel Ilegal Luar Negeri Akan Di Blokir

Aturan IMEI Telah Disahkan, Ponsel Ilegal Luar Negeri Akan Di Blokir

0

Jember, – Masyarakat Jember saat ini untuk membeli ponsel harus lebih teliti, karena telah terbit Permen yang langsung ditandatangani oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, pada Jumat (18/10). Ketiga kementerian itu memiliki tugas dan fungsi masing-masing untuk bersatu memberantas peredaran ponsel BM. Kemendag mengurus aturan perdagangan, Kominfo berhubungan dengan validasi IMEI (International Mobile Equipment Identity) dan Kemenperin.

Belilah ponsel lewat jalur legal agar tidak terblokir dan peraturan tersebut efektif berlaku pada 18 April 2020 dan saat ini masa sosialisasi. Tujuan Permen tersebut untuk memberantas penjualan ponsel lewat jalur ilegal antar negara.  Bila membeli ponsel dari luar negeri segera mendaftarkan ponsel BM ke dalam sistem data IMEI yang di miliki oleh Kemenperin dan saat ini prosedur pendaftaran dalam proses.

Tujuan dari pendaftaran IMEI tersebut adalah untuk membayar sejumlah pajak yang selama ini merugikan negara triunan rupiah setiap tahunnya dan memberantas ponsel illegal yang masuk dengan bebas ke Indonesia. Dengan aturan ini bisa meningkatkan pendapatan pajak negara.

15 digit nomor IMEI pada perangkat elektronik bergerak untuk kebutuhan identifikasi ketika ia terhubung ke jaringan telekomunikasi seluler. Pemblokiran ponsel BM di Indonesia akan dilakukan oleh operator seluler dengan mencocokkan IMEI perangkat yang terhubung ke jaringan dan mencocokkan pula ke database perangkat elektronik bergerak milik pemerintah.

Nantinya peranturan ini jika diberlakukan maka perangkat seluler seperti smartphone atau tablet yang memiliki nomor IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin akan terblokir dan tidak bisa digunakan untuk telepon, SMS, hingga mendapatkan koneksi internet melalui jaringan operator seluler Indonesia. ( zh / berbagai sumber )

 

Tinggalkan Komentar